1.000 Rumah Tak Layak Huni Dibedah Baznas

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati membantu bedah rumah tidak layak huni (RTLH) bagi masyarakat sudah mencapai yang ke 1000 sejak tahun 2019. Rinciannya yaitu 2019 sejumlah 134 unit, tahun 2020 sebanyak 144 unit, 2021 ada 236, 2022 jumlah 412, dan tahun 2023 dengan jumlah 74 rumah.

Ketua Baznas Pati, Imam Zarkasi menyatakan program bedah rumah itu sebagai karya nyata untuk tetap bermanfaaat bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pati. Setiap penerima berhak memperoleh bantuan tunai senilai Rp 15 juta, yang selanjutnya dibelanjakan untuk kebutuhan material.

“Alhamdulillah bisa memberikan manfaat kesejahteraan bagi masyarakat yang kebetulan rumahnya sudah reot, sudah tidak layak huni. Tidak hanya itu, MCKnya betul-betul membutuhkan kita bantu,” katanya saat Launching bedah rumah ke 1000 di kantor Baznas, Selasa (20/6/2023).

Bagi masyarakat yang hendak mengajukan program bedah rumah Baznas, dia menyebut masyarakat harus mengirimkan pengajuan.

“Caranya, proposal masuk, lalu ada tim survei cek layak tidak dibantu kemudian dipanggil atau kita datangi ke lokasi untuk menyalurkan uang tunai. Dibangun akhirnya layak huni,” jelasnya.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro yang turut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi kegiatan Baznas telah membantu turut serta mengentaskan RTLH di daerah. Dia menyebut masih banyak yang harus dilakukan perbaikan. Menurutnya, perbaikan RTLH membutuhkan waktu tenaga dan anggaran.

“Masih banyak kaitannya RTLH Kita akan coba yang perlu penanganan. Melalui evaluasi Baznas. Kita coba bertahap, pelan-pelan kita selesaikan. Karena konsen pertama kita mencoba mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Pati yang berhubungan tempat tinggalnya,” ujar Henggar.

Foto bersama Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat Launching program bedah RTLH Baznas Pati yang ke-1000, Selasa (20/6/2023)
Foto bersama Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat Launching program bedah RTLH Baznas Pati yang ke-1000, Selasa (20/6/2023)

Henggar melanjutkan bahwa program Baznas tidak hanya perbaikan RTLH, melainkan ada program BLT dan ada beberapa infrastruktur yang dibantu Baznas dari APBD 2023.

“Nah yang dari APBD ini yang digunakan Baznas untuk infrastruktur. Kalau bantuan ke masyarakat menggunakan 8 asnaf dari kriteria Baznas. Mereka yang paham betul, kebijakan bantuan yang diambil jangan sampai salah,” tutupnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 19 Juni 2023
Audiensi permintaan insentif RT - RW di kantor DPRD Pati, Selasa (20/6/2023) Next post Hanya Rp 500 Ribu, Insentif RT dan RW Diminta Dinaikkan
Social profiles