KPU Kudus Ajak Siswa-Siswi SMA N 1 Gebog Jadi Pemilih Cerdas

Foto: Tampak puluhan anak sedang serius mengamati paparan yang diberikan oleh Anggota KPU Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Untuk meningkatkan partisipasi Pemilih Pemula, KPU Kabupaten Kudus menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di SMA Negeri 1 Gebog, Kamis (4/5). Sosialisasi tersebut ditujukan bagi siswa dan siswi kelas XI dan XII SMAN 1 Gebog yang merupakan pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang.

Sebagai pemateri, Anggota KPU Kabupaten Kudus Divisi Sosdiklih parmas dan SDM Ahmad Kholil memperkenalkan partai politik peserta pemilu tahun 2024 serta menyampaikan waktu pelaksanaan hari pemungutan suara, selain itu, Kholil juga menjelaskan materi tentang tahapan pemilu, jenis Pemilu hingga bahaya Golput dan Money Politics.

Kholil menjelaskan bahwa dampak politik uang sangat berbahaya, karena akan membuka jalan korupsi. Untuk itu, sebagai pemilih pemula, diharapkan para siswa dapat menghindarinya.

“Pemilu itu penting bagi negara demokrasi, saya berharap para siswa-siswi dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas pada penyelenggaraan Pemilu 2024”, ungkap Kholil.

“Pemilih cerdas adalah tergiur iming-iming politik uang dan tidak asal dalam menggunakan hak pilihnya”, sambungnya.

Pencegahan politik uang dalam pemilu dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman praktik politik uang kepada pemilih. Kholil berharap informasi yang didapat para siswa dapat diinformasikan kembali kepada teman-teman yang lainnya, keluarga di rumah, hingga disebarluaskan kepada masyarakat.

Pada sesi terakhir, banyak siswa yang mengajukan pertanyaan seputar Pemilu maupun menjawab pertanyaan dari pemateri. Sebagai penyemangat KPU Kabupaten Kudus memberikan beberapa souvenir kepada para siswa siswi yang telah aktif selama kegiatan.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Ilustrasi UMKM Previous post DPRD Kudus Inginkan Penataan Tempat Untuk Pedagang di Tempat Wisata
Next post Tradisi Pedang Pora Meriahkan Upacara Pisah Sambut Kapolres Demak
Social profiles