Calon Jemaah Haji KBIH Arwaniyyah Diminta Hartopo Untuk Siapkan Fisik dan Mental

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Bupati Kudus Hartopo meminta kepada Calon Jemaah Haji KBIH Arwaniyyah yang berangkat ke Tanah Suci Mekah untuk tak lupa menyiapkan fisik dan mental. Sebab dapat menguras fisik. Hal itu, disampaikan bupati saat melepas calon jemaah haji KBIH Arwaniyyah di aula Yayasan Arwaniyyah.

Bupati Kudus Hartopo menjelaskan, dalam menjalankan rangkain ibadah haji tentu kesiapan fisik dan mental harus tetap diperhatikan, supaya dapat menjalankan ibadah secara khusyuk.

“Agar dapat menjalankan ibadah secara maksimal tentu para jamaah haji harus memerhatikan kesiapan mental dan fisik,” ujarnya, Senin (8/5/2023) kemarin.

Ketika sampai di Tanah Suci Mekah, ia mewanti-wanti kepada para jamaah haji agar selalu berhati-hati dan waspada saat sedang berada di kerumuman. Pasalnya, meski di tanah suci tak menutup kemungkinan terjadi tindakan kejahatan yang dapat mengintai di setiap waktunya.

“Kalau disana hati-hati, bawang bawaan harus dijaga dengan baik. Meski di tanah suci, tindak kejahatan tetap dimana pun sering terjadi. Banyak oknum pencopet yang berkeliaran memanfaatkan momentum atau kelengahan,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga memberikan himbauan kepada segenap jamaah haji untuk selalu mematuhi pedoman dan instruksi dari Ketua Regu (Karu) selama menjalankan ibadah haji nantinya, untuk menjaga kelancaran bersama.

Foto: Para jamaah haji KBIH Arwaniyyah
Foto: Para jamaah haji KBIH Arwaniyyah

“Jangan berjalan sendiri-sendiri. Berpedoman lah pada instruksi dari ketua regu,” kata orang nomor satu di Kudus itu.

Di akhir acara dia mendoakan untuk seluruh jemaah haji agar selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji, sehingga menjadi haji yang mabrur, serta dapat kembali ke tanah air dengan selamat sampai tujuan.

“Tetap fokus beribadah ketika di sana. Semoga dipermudah dalam menjalankan ibadah, baik wajib maupun sunahnya. Semoga menjadi haji yang mabrur serta dapat kembali ke tanah air dengan selamat,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post E-Koran Samin News Edisi 8 Mei 2023
Next post Peringatan Hari Asma, PDPI Jateng Kunjungi Kabupaten Kudus
Social profiles