Belum Operasi, RPH Margorejo Masih Dievaluasi

Tampak bangunan RPH di Margorejo Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Margorejo Kabupaten Pati belum beroperasi. Setelah sebelumnya pada bulan Februari yang lalu dikatakan dari pihak terkait mulai persiapan agar operasi RPH tersebut digunakan.

Mengenai hal ini Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati Nikentri Meiningrum menyebut saat ini aktivitas RPH yang diklaim representatif ini masih perlu uji coba yang matang dan beberapa hal perlu evaluasi.

“RPH belum beroperasi masih proses uji coba, masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi,” kata Niken belum lama ini.

RPH yang terletak di Pasar Hewan tepi jalan raya Pati – Kudus itu bangunannya direnovasi sejak Maret hingga sekitar September 2022 dengan biaya yang cukup besar mencapai Rp 2,7 miliar.

Dibangunnya RPH tersebut diharapkan mampu menambah pundi-pundi pendapatan daerah. Sehingga banyak pihak pihak menunggu kabar baik menyambut dibukanya RPH Margorejo.

Sementara Kepala Bidang Pendapatan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Zabidi menambahkan regulasi pengaturan soal RPH di Kabupaten Pati masih terus dilakukan.

“Sekarang dalam tahapan ujicoba dan regulasinya dalam proses sebagai dasar dalam pengelolaan RPH dimaksud,” ujarnya Rabu (17/5/2023).

Menurutnya RPH dengan hadirnya RPH di Pati bisa menambah pendapatan daerah. Sebab pendapatan ini merupakan jenis retribusi daerah yang dikelola OPD Dinas Pertanian dengan sistem penarikan mempertimbangkan potensi yang ada.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Foto: Tampak suasana Rapat Pansus II DPRD Kudus Previous post Pansus II DPRD Kudus Bahas Retribusi Parkir RSUD
Salah satu ruas jalan dengan kondisi rusak di Cluwak Kabupaten Pati Next post Soal Usulan Perbaikan Jalan Rusak ke Pempus, DPUTR Pati: Kepastiannya di Bulan Juni
Social profiles