Wujudkan Generasi Unggul, GenBI IAIN Kudus Adakan Education Trip

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Tingkatkan jiwa kompetitif dan produktivitas, Generasi Baru Indonesia (GenBI) IAIN Kudus mengadakan education trip dengan mengajak kolaborasi SD Negeri 1, 2, 3, 5, dan MI Matholiul Hija Margorejo. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Aula Balaidesa Margorejo, Dawe, Kudus pada, Selasa (11/04/2023).

Mengangkat tema “Connecting Culture Nature and Society in Preparing Generation in the Globalization Era”, acara tersebut menjadi serangkaian agenda GenBI mengajar di bina desa selama tiga bulan.

Ketua Divisi Edukasi GenBI IAIN Kudus, Dewi Yuniarti mengatakan tujuan dari education trip adalah untuk memperkenalkan Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBPR), dan mensosialisasikan kebijakan dari Bank Indonesia. Jenis perlombaan yang dilakukan berupa GenBI juara 1, tebak gambar, dan sambung literasi.

Lebih lanjutnya, Dewi menjelaskan bahwa di education trip juga dilakukan permainan tradisional dengan tujuan menjaga dan merawat budaya lokal. Permainan tradisional tersebut berupa congklak, engklek, dan bekel.

“Perlunya kita melestarikan dolanan tradisional yang hilang seiring berkembangnya teknologi,” jelasnya.

Ketua GenBI IAIN Kudus, Muhammad Rafi Roykhan merasa senang dengan semangat para siswa mengikuti kegiatan hingga akhir walaupun tengah menjalani puasa ramadhan. Dirinya berharap kegiatan GenBI education trip akan terus dilaksanakan di bina desa selanjutnya.

Lebih lanjutnya, Rafi merasa event perlombaan ditingkat SD ini sangat jarang ditemui, sehingga GenBI education trip mampu mewadahi para siswa untuk memiliki jiwa kompetisi, dan bisa bersaing secara sehat melalui bidang pendidikan untuk menjadi insan yang lebih baik.

“Mengingat kita akan berkehidupan di masyarakat yang banyak persaingan, maka kita tumbuhkan jiwa kompetitif supaya para siswa kelak bisa bersaing menjadi terbaik diantara yang terbaik,” jelasnya.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Pemanfaatan Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran P5 di Sekolah Dasar
Salah satu aktivitas tambang di Pati Next post Dinas Lingkungan Hidup : Reklamasi Wajib Dilakukan Pasca Tambang Selesai
Social profiles