Stabilkan Harga Pangan, Pemkab Kudus Kembali Gelar Pasar Murah

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Guna menstabilkan harga pangan di pasaran, Pemerintah Kabupaten Kudus kembali menggelar pasar murah bertempat di Wilayah Dinas Pertanian Pangan (Dispertan) Kudus. Terlebih saat bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, harga kebutuhan bahan pangan biasanya mulai merangkak naik.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus Didik Tri Prasetyo menjelaskan bahwa, gebyar pasar murah ini akan berlangsung setiap hari pada Jumat Minggu kedua setiap bulannya.

“Dan itu terbuka untuk umum dan digelar mulai pukul 07.00-10.00 Wib. Kami menyediakan sejumlah komoditas pangan yang dijual dibawah harga pasar dan berkerja sama dengan 40 pelaku sektor usaha diantaranya, Bulog, Prima Freshmart dan teman-teman Gbungan Kelompok Tani,” ujarnya pada Jumat (14/4).

Sedangkan untuk komoditas yang dijual di pasar murah bervariasi. Diantaranya beras, bawang merah, cabai, hingga telur. Harga jualnya pun lebih murah dari yang ada di pasaran.

“Gerakan yang digelar ini banyak menarik animo masyarakat untuk datang. Seperti yang terjadi hari ini, sejak pagi sudah banyak masyarakat yang mengantre untuk membeli,” ujarnya.

“Yang dijual selisih harganya sekitar Rp 2.500 hingga Rp 4.000 di empat komoditas itu tadi,” tambahnya.

Didik menyebut bahwa tujuan kegiatan ini untuk memutus rantai distribusi dan pengendalian inflasi di Kabupaten Kudus. Pihaknya telah menyediakan beras dari Bulog sekitar 2,5 ton, dari Gapoktan 1,5 ton, dan telur hingga 500 kilogram.

“Kegiatan ini tidak hanya saat menjelang lebaran seperti saat ini, di bulan-bulan selanjutnya juga ada. Terlihat dagangan yang dijual semuanya pun habis dalam beberapa jam saja,” tukasnya

Sementara itu, Bupati Kudus HM Hartopo berharap, kegiatan ini bisa membantu masyarakat Kudus agar bisa membeli sembako dengan harga lebih murah dari pasaran.

Foto: tampak masyarakat sedang berlalu-lalang dalam aktivitasnya di pasar murah
Foto: tampak masyarakat sedang berlalu-lalang dalam aktivitasnya di pasar murah

“Saya mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan adanya gelar pasar murah yang diadakan sebulan sekali ini bisa membantu masyarakat dengan manfaat yang diberikan,” jelasnya

Bupati menyebut bahwa masyarakat sangat berantusias untuk datang ke pasar murah. Terlebih dengan penyediaan 2,5 ton beras dengan harga jual Rp 9 ribu perkilogramnya dari Bulog, ini sangat diminati masyarakat.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: puluhan motor berhasil diamankan oleh pihak kepolisian Previous post Bubarkan Balap Liar, Polres Demak Berhasil Amankan 83 Sepeda Motor
Next post DPS Resmi di Umumkan, PPK & PPS Kecamatan Pati Sosialisasikan Hak Pilih
Social profiles