Kunjungi Kabupaten Kudus, Istri Mendiang Gus Dur Gelar Bukber

0
Foto: Buka bersama yang digelar di Kampung Sawah Segaran Undaan Lor Kudus
Foto: Buka bersama yang digelar di Kampung Sawah Segaran Undaan Lor Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dalam kunjungannya di Kabupaten Kudus, istri mendiang Dr. K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur telah yakni DR (HC) Hj. Shinta Nuriyah Wahid, M.Hum mengadakan buka bersama bertempat di Kampung Sawah Segaran Undaan Lor.

Rifan Hamim selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, hal ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan selama Bulan Ramadhan melalui buka bersama sebagai rangkaian kegiatan sahur. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh nyai Shinta Nuriyah.

“Kegiatan tahun ini bertajuk buka bersama Hj.Shinta Pasca Pandemi 2023. Tahun sebelumnya tidak ada karena adanya Wabah pandemi Covid-19,” ungkapnya kepada Samin News.

Buka puasa yang dihadiri oleh istri mendiang Gus Dur di Kabupaten Kudus itu mengundang sebanyak sebanyak 700 orang dan diselenggarakan oleh Persaudaraan Antar Ummat Beragama Muria Raya (Permata Raya). Kegiatan tersebut bahkan dihadiri oleh ummat kristiani dan ummat Konghucu.

“Ditambah diikuti oleh para petani, buruh dan pedagang pasar Undaan. Serta perwakilan sedulur sikep, ummat lintas iman di Kudus dan jajaran elemen lainnya,” paparnya.

Kedatangan DR (HC) Hj. Shinta Nuriyah Wahid, M.Hum di Kabupaten Kudus juga disambut oleh beberapa kelompok seni seperti Barongsai Klenteng Hok Hien Bio, Terbang Papat Undaan, paduan suara Fatayat NU Undaan Lor, Group tongtek Jogo Boyo, dan Ikon kebhinekaan Indonesia Iwenk Musik Jalanan Center.

“Ada juga kelompok seni seperti Madin Nurul Huda Plosokerep-Prawoto, Paduan Suara GKMI Tanjung dan Irmas Masjid Tanjung karang.

Selain itu agenda buka puasa yang digelar kali ini bertujuan untuk mempererat persatuan, kerukunan, dan kesatuan sesama anak bangsa yang beragam berbhineka ini agar lebih terjalin persaudaraan antar ummat beragama.

“Bukber ini tujuannya untuk saling mempererat antar sesama masyarakat dan menjaga kerukunan umat beragama,” pungkasnya.