Tanggul Ambrol Sungai Suwatu Bulumanis Kidul Diperbaiki

Aktivis Peduli Lingkungan (Akpel) memperbaiki tanggul ambrol di bantaran Sungai Suwatu Desa Bulumanis Kidul Kecamatan Margoyoso, Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tanggul di bantaran Sungai Suwatu yang melintas di Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati dilakukan perbaikan. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi jebolnya tanggul yang lebih besar. Pasalnya beberapa hari lalu tanggul sudah ambrol.

Perbaikan tanggul di Sungai Suwatu Desa Bulumanis Kidul tersebut dilakukan oleh Aktivis Peduli Lingkungan (Akpel) Kecamatan Margoyoso. Komunitas tersebut merespon dengan bergotong royong bersama warga sekitar, Koramil setempat memperbaiki dan memasang tambahan tanggul.

Ketua Akpel Margoyoso Adi Purnomo mengatakan, sebelumnya tanggul ambrol hingga 17 meter. Jika tidak dilakukan perbaikan segera, dia khawatir kerusakan akan melebar dan mengenai rumah warga.

“Tanggul ambrol ini tergerus akibat banjir beberapa hari lalu, yang melanda beberapa desa di Kecamatan Margoyoso dan sekitarnya. Ini khawatir bagi warga yang rumahnya di bantaran sungai hulu pegunungan Muria sampai ke laut Bulumanis,” terangnya, Jumat (10/3/2023).

Menurutnya dengan gotong royong ini, sebagai contoh yang ditunjukkan untuk menjaga rasa kepedulian terhadap warga yang membutuhkan.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 43 anggotanya berjibaku memperbaiki tanggul. Pihaknya juga menyiapkan karung yang diisi dengan tanah yang selanjutnya digunakan untuk tanggul sebagai penahan banjir.

“Kami khawatir tanggul ambrol, apalagi berdekatan dengan dapur rumah warga. Kalau tidak diperbaiki, malah terjadi bencana banjir. Kita pasang karung berisi tanah,” jelas dia.

Sedangkan Babinsa Koramil Margoyoso Sertu Bambang Haryono menambahkan, untuk memperbaiki tanggul ambrol membutuhkanmu 400 karung tanah. Namun karena keterbatasan waktu terpaksa perbaikan dilakukan bertahap.

“Kita selalu komunikasi dengan warga yang ada di hulu pengunungan Muria jika ada curah hujan yang tinggi. Dan bagi warga yang berada di bawah agar selalu waspada,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Salah satu penampakan jalan rusak di Sukolilo - Prawoto Previous post DPUTR Pati Usulkan 13 Titik Jalan Rusak ke Pusat
Next post E-Koran Samin News Edisi 10 Maret 2023
Social profiles