Persiapan Lebaran, Samier Jajanan Klasik Mulai Dicari

Foto: Krupuk samier mini

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Samier kerupuk berbahan dasar ketela yang sangat legendaris itu menjelang lebaran kini mulai dicari pelanggan sebagai sajian pelengkap. Jajanan kering ini sangat cocok sebagai santap cemilan dikala sedang santai, Selasa (28/3/2023).

Saat ini banyak orderan masuk dan kebanyakan diambil menjelang Lebaran. Perlu diketahui, jenis samier ada dua ukuran yakni mini dan besar. Untuk ukuran mini sangat banyak peminatnya, karena cocok untuk isian toples.

Proses pembuatannya juga masih manual. Pertama, ketela diparut, kemudian diberi bumbu seperti bawang putih dan ketumbar yang dihaluskan, dan diberi tambahan daun seledri untuk menambah cita rasa dari krupuk samier tersebut.

Jatmi selaku pembuat krupuk Samier mengatakan, pihaknya sehari dapat memproduksi sebanyak 1 kilogram samier mini mentah. Adapun kata dia, yang masih jadi kendala itu ialah bahan baku ketela yang harganya naik turun.

“Pekan lalu ketela stok kosong, belinya sampai ke Pasar Piji. Harga untuk saat ini yang samier mini 250 gram Rp 20 ribu, yang 1/2 kilogram harga Rp 40 ribu. Mengikuti harga minyak goreng juga, karena saya pakai yang kemasan tidak minyak curah,” ucapnya.

Ia mengatakan, bagi yang ingin memesannya bisa melalui WhatsApp 082242868553. Saat ini sudah ada sekitar 50 order, rata-rata samier mini. Kalau yang ukuran besar satu bungkus isi tiga krupuk harga Rp 7.000 per bungkus.

“Kalau yang besar, diambil bakul-bakul di pasar Kliwon. Samier ini tinggal makan, karena saya jualnya matang,” jelasnya.

Salah satu pembeli Sarjono, mengatakan samiernya kriuk, rasanya gurih dan tambah enak kalau makannya dicocol pakai saus atau bumbu kecap.

“Saya biasanya pesan yang besar, karena ini ada produknya yang mini, saya coba yang mini untuk camilan di rumah, nanti mendekati hari H saya order lagi buat sogatan Lebaran,” ungkapnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: KPU Provinsi Jawa Tengah saat memberikan sosialisasi di Kantor KPU Kudus yang dihadiri oleh elemen terkait Previous post Kunjungi Kabupaten Kudus, KPU Jawa Tengah Berikan Sosialisasi Dapil Kursi
Foto: Kepala Desa Jepang Pakis Kecamatan Jati Sakroni saat ditemui di kantornya Next post Pembangunan Pasar Desa Jepang Pakis Capai 60 Persen
Social profiles