Pembangunan Gedung Senam di Pati Tahap Pengecoran

Pekerja di proyek pembangunan gedung senam tengah melakukan pekerjaan pembesian

SAMIN-NEWS.com, PATI – Proyek pembangunan hall atau gedung senam oleh Pemerintah Kabupaten Pati saat ini sedang tahap pengecoran sloof. Pembangunan konstruksi hingga kini terhitung sudah sebulan sejak mulai dibangun awal Februari 2023 yang berlokasi di belakang SPBU Plangitan.

Pembangunan gedung senam itu di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati serta dikerjakan oleh CV Cahaya Teknik selaku penyedia jasa konstruksi dengan anggaran Rp 2,6 miliar.

Pelaksana CV Cahaya Teknik Subiantoro mengatakan, sesuai kalender pengerjaan konstruksi dimulai sejak 31 Januari 2023 selesai 30 Mei 2023 atau 120 hari kalender (HK).

“Realisasi pekerjaan di lapangan sudah mencapai 7,39. Untuk pekerjaan meliputi cor sloof struktur sama pekerjaan pembesian kolom,” ujarnya, Rabu (1/3/2023).

Dia menjelaskan pengerjaan kolom ini dilakukan bertahap, pertama 5 meter yang diperkirakan minggu kelima sudah selesai. Pengerjaan kolom setinggi 5 meter selesai, tahapan selanjutnya yaitu baru pengerjaan untuk balok.

Pihaknya mengaku hujan cukup ekstrim yang terjadi belakangan ini mengganggu proses pengerjaan. Karena menurutnya pengecoran harus dilakukan di waktu cuaca cerah.

Pekerja di proyek pembangunan gedung senam tengah melakukan pekerjaan pembesian
Pekerja di proyek pembangunan gedung senam tengah melakukan pekerjaan pembesian

“Minggu kemarin itu kendala kami di lapangan adalah hujan, belakangan ini hujan terus soalnya pekerjaan kita di luar gedung. Tetapi pengerjaan tetap dilanjutkan, kita fokuskan di pembesian. Sebab pengecoran itu dilakukan pada saat cerah,” ujarnya.

Terpisah, Kabid Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR), Arif Wahyudi saat dikonfirmasi membenarkan jika beberapa hari ini turun hujan, membuat pekerjaan terganggu. Namun pekerjaan tetap dilakukan di bagian lain.

“Hingga sekarang ini sudah ngecor footplat sejak kemarin, terus ini lanjut ngrancang pembesian kolom sama sloof keliling. Ya proses ngecor,” singkatnya.

Untuk diketahui Pemerintah Kabupaten Pati membangun gedung senam tersebut untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2023 pada Agustus mendatang.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Foto: Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Dr Ir Darsono seusai ditemui Media Gathering yang digelar di Hotel Griptha Kudus Previous post Universitas Muria Kudus Ambil Peran ‘Base Agriculture’ Melalui Prodi Baru
Petugas dari Satpol PP Pati saat merazia sebuah tempat karaoke berkedok warung kopi di Kecamatan Jakenan (Samin News/istimewa) Next post Puluhan Botol Miras Disita dari Tempat Karaoke Berkedok Warung Kopi
Social profiles