Minimalisir Banjir, PUPR Kudus Diminta Hidupkan Pompa 24 Jam di Tanggulangin

Foto: Ketua DPRD Kudus saat mengecek kondisi pompa di Jembatan Tanggulangin

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Ketua DPRD Kudus Masan dalam sidaknya ke Jembatan Tanggulangin meminta kepada PUPR Kudus untuk menghidupkan pompa selama 24 jam. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya banjir yang terjadi di Jalur Kudus-Purwodadi

Ketua DPRD Kudus Masan dalam sidaknya di Jembatan Tanggulangin menjelaskan, bahwa sebelumnya ia mendapat laporan dari masyarakat sekitar tentang pompa yang tidak bisa hidup selama 24 jam.

“Saya dapat laporan dari masyarakat terkait pompa yang tidak bisa hidup selama 24 jam karena BBM. Maka, tadi saya sampaikan kepada Kepala PUPR Kudus untuk penuhi kebutuhan BBM,” ungkapnya.

Terkait hal itu pihaknya masih ada anggaran dana tak terduga, jika tidak mencukupi maka bisa dicarikan anggaran yang lain. Oleh karenanya, bilamana pompa ini tidak hidup 24 jam maka akan berefek negatif.

“Kita masih ada anggaran dana TT, masih bisa dicarikan anggaran yang lain. Kalau ini tidak hidup 24 jam maka jalur Kudus-Purwodadi akan terus tergenang, karena hujan masih turun terus,” bebernya.

Untuk itu, Ketua DPRD Kudus Masan menyampaikan kepada Kepala PUPR Kudus Arief Budi Siswanto agar pompa bisa dihidupkan 24 jam. Bahkan, dia juga meminta nomor kontak penjaga pompa.

“Maka saya sampaikan kepada Kepala PUPR agar pompa bisa dihidupkan 24 jam. Saya sudah minta nomor telpon penjaganya jadi nanti saya vcall, biar nanti kita tahu bahwa pompa ini hidup 24 jam,” terangnya.

“Selain pompa ini yang harus aktif, kami juga menunggu bantuan dari Kementerian PUPR yang mau memberikan pompa dalam skala besar. Jangan sampai ketika kami memberikan anggaran, tapi Mentri juga menganggarkannya,” sambungnya.

Maka, nantinya Masan akan mengambil solusi cepat yang dibuatkan di perubahan anggaran atau memakai dana pemeliharaan. “Saat ini jalur alternatif dari Undaan masuk kebelakang Klenteng sampai ke jalan lingkar,” tuturnya.

“Itu nanti bisa dilaksanakan secepatnya pakai anggaran pemeliharaan. Terus alternatif satu yang dari arah Undaan lewat SD 1 Jetis Kapuan terus tembus ke jalan lingkar. Jadi nanti direncanakan diperubahan APBD. Yang arah Pati kita buatkan alternatif melalui Jetis Kapuan,” tandasnya.

Lebih lanjut, untuk yang arah ke Semarang pihaknya akan buatkan alternatif melalui jalur belakang klenteng, yang nantinya dapat mengurai persoalan banjir di Tanjung Karang.

“Untuk anggaran mencapai Rp 5 milliar dari jalur ke barat, sedangkan untuk timur sebanyak Rp 10 milliar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kudus Arif menyampaikan, untuk jalur alternatif tersebut nantinya akan dikaji di APBD perubahan.

Selain itu nanti pihaknya akan melihat pemetaan dan melakukan koordinasi dengan lintas sektor. Sedangkan, untuk penanganan Tanggulangin berupaya koordinasi dengan pusat.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Peringatan HUT ke-5 HMPS Tadris Matematika usai menggelar berbagai lomba yang digelar beberapa waktu lalu Previous post HUT ke-5, HMPS Tadris Matematika IAIN Kudus Gelar Berbagai Lomba
Foto: Kasi Intel Kejaksaan Kudus Arga Maramba bersama Kasi Tindak Pidana Umum M Baharuddin Next post Enam DPO Tersangka Kasus Tindak Pidana Diburu Kejari Kudus
Social profiles