Gelaran Even Dandangan Dongkrak Ekonomi Kabupaten Kudus

Foto: Pembukaan even dandangan di Kabupaten Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Even dandangan yang dibuka oleh Bupati Hartopo pada sore, Sabtu (11/3) tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi Kabupaten Kudus setelah berhenti selama tiga tahun.

Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, ini merupakan even dandangan pertama kali yang digelar seusai terkena dampak pandemi Covid-19 yang mengakibatkan tidak bisanya digelar even dandangan.

“Sudah tiga tahun terdampak Covid-19, sehingga kita tak bisa melaksanakan tradisi dandangan seperti ini,” kata Hartopo.

Lebih lanjut, seusai Covid-19, orang nomor satu di Kudus itu memberikan instruksi kepada Dinas Perdagangan terkait gelaran even dandangan yang agar segera dilakukan penataan.

“Usai landainya Covid-19, saya segera menginstruksi kepada pihak Dinas Perdagangan segera melakukan penataan dan memetakan tradisi yang dilaksanakan setahun sekali itu,” ucapnya.

Hartopo berharap pada kali ini dan hari berikutnya cuaca di Kabupaten Kudus bisa kondusif dan hujan tidak turun lagi. Agar seluruh masyarakat yang hadir bisa menikmati even tersebut.

“Dandangan kali ini beda dengan yang sebelumnya, dengan terdampaknya Covid-19 pada tahun lalu, dan ini digelar lagi semoga masyarakat senang,” ujarnya.

Selain itu, kata Hartopo, para pelaku UMKM di Kabupaten Kudus yang turut berpartisipasi ikut dalam even dandangan, diharapkan produk yang dijual dapat dikenal masyarakat yang datang berkunjung.

“Mudah-mudahan UMKM yang di dandangan dapat diketahui masyarakat luas. Dan ini juga untuk meningkatkan ekonomi Kudus, serta sebagai aja recovery Kudus,” tandasnya.

Dia juga bercerita mengenai UMKM yang ikut pada even dandangan ini sebanyak 75-80 persen yang berasal dari Kabupaten Kudus. Sementara sisanya diikuti oleh UMKM yang berasal dari luar Kudus.

“Tentunya kehadiran UMKM yang berasal dari luar Kabupaten Kudus untuk melengkapi even dandangan ini, jika hanya Kudus saya rasa kurang lengkap maka kami mengundang UMKM luar,” bebernya.

Foto: dandangan yang digelar di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus
Foto: dandangan yang digelar di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus

“Diharapkan melalui even ini bisa sebagai sarana tempat mengenalkan produk UMKM dan lainnya,” tambahnya.

Hartopo menambahkan, bahwa even dandangan ini diharapkan lancar hingga menjelang masuknya bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Djadmiko menjelaskan, even dandangan ini dimulai hari ini, Sabtu 11 Maret hingga 20 Maret 2023 dengan memanfaatkan lokasi diarea seputar Jalan Kudus-Purwodadi, hingga Alun-Alun Simpang Tujuh.

“Yang hadir ini sebanyak 620 pelaku UMKM. Untuk Kabupaten Kudus 461, sedangkan luar Kabupaten Kudus sebanyak 159,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post E-Koran Samin News Edisi 10 Maret 2023
Perahu nelayan tradisional di Sungai Silugonggo Tayu Next post Sungai Silugonggo Tayu Dangkal karena Tambang Ilegal
Social profiles