Penuhi Standar, RSUD dr Loekmono Hadi Raih Akreditasi Paripurna

0
Foto: Jajaran RSUD dr Loekmono Hadi Kudus usai dilaksanakan survei akreditasi
Foto: Jajaran RSUD dr Loekmono Hadi Kudus usai dilaksanakan survei akreditasi

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Loekmono Hadi Kudus meraih akreditasi paripurna dari Lembaga Akreditasi Rumas Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP), karena mampu memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi dr. Mustiko Wibowo mengaku bersyukur atas raihan yang telah dicapai pihaknya. Hal itu tertuang dalam surat keterangan hasil akreditasi Nomor 0048.SKH-AKRE.II.2023.

“Akreditasi Rumah Sakit itu bagian dari sebuah pengakuan yang diberikan pemerintah kepada manajemen rumah sakit,” jelasnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, ia juga memberikan ucapan terima kasih ke pegawai yang sudah terlibat dan bekerja sangat baik mensukseskan proses akreditasi. Tentunya itu menjadi kabar gembira di 2023 untuk pihaknya.

“Terima kasih yang telah membantu dalam mensukseskan raihan proses akreditasi ini. Hal kabar gembira bagi kita semua tentunya,” bebernya.

Penilaian dilakukan melalui survei yang digelar oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP) selama tiga hari. Akreditasi ini menjadi wujud pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit.

dr. Mustiko Wibowo bercerita mengenai survei yang dilaksanakan menggunakan dua metode. Pertama daring untuk telusur dokumen, kemudian luring untuk pelaksanaan kunjungan di lapangan.

“Untuk daring itu 6 Februari 2023 dan luring 9-10 Februari 2023. Penilaian menggunakan telusur dokumen dengan klarifikasi kepada rumah sakit sesuai dengan kelompok kerjanya,” ungkapnya.

RSUD mampu mendapatkan hasil telusur yang sangat memuaskan. Dimana seluruh bab mendapatkan nilai diatas 90 persen. Ini mencerminkan bahwa pihaknya mampu memberikan pelayanan yang sesuai standar.

“Kami berhasil dan selalu berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar mutu dan keselamatan pasien,” terangnya.

Sementara itu, untuk Program Nasional (Prognas) dan Pendidikan Dalam Pelayanan Kesehatan (PPK) pihaknya mencapai nilai sempurna. Dimana seluruh elemen penilaian dapat terpenuhi sebanyak 100 persen.

“Untuk itu, kami akan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat kedepannya,” pungkasnya.