Pentas Kreativitas Siswa SMP N 1 Jaken Meriahkan Isra Miraj

Tampak siswa SMP Negeri 1 Jaken tengah mendengarkan tausiyah dalam rangka peringatan Isra Miraj

SAMIN-NEWS.com, PATI – SMP Negeri 1 Jaken menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2023. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan kreativitas oleh siswa yang dipusatkan di Indoor sekolah setempat, Kamis (23/2/2023).

Kegiatan diawali dengan salat dluha berjamaah yang diikuti siswa dan para guru, pembacaan Asmaul Husna, dilanjutkan pembacaan Sari Tilawah Kitab suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu sambutan dari kepala sekolah.

Kepala SMP Negeri 1 Jaken, Slamet Suladi yang diwakili oleh Heri Sulistiyanto selaku wakil Kepala Sekolah mengatakan bahwa Isra Miraj merupakan peristiwa penting bersejarah bagi umat muslim yakni kaitannya dengan salat.

“Hari ini kita bersama-sama memperingati peristiwa yang luar biasa dan penuh hikmah, yaitu Isra dan Miraj. Peristiwa ini mengenai pentingnya menjalankan salat lima waktu agar terus dijaga,” katanya.

Setelah itu, kegiatan diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Arif Rohman. Dalam ceramahnya, dia menjelaskan Isra Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu dari Allah SWT.

“Isra berarti perjalanan di malam hari, sementara Miraj adalah kenaikan. Sedangkan Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem,” sebutnya.

Sesampainya di Masjid Al Aqsa itu, kata dia Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha untuk menerima perintah salat sebagai rukun kedua dari Rukun Islam.

Dalam ceramahnya itu juga, dikatakan bahwa Isra Miraj kerap dimaknai sebagai perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW dalam satu peristiwa. Yaitu kecintaan Allah terhadap Nabi akhir zaman ini ketika didera kesedihan.

“Allah Mengisra’kan Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk cinta setelah Nabi SAW dilanda Kesedihan yang mendalam karena ditinggal istri dan Paman beliau,” tambahnya.

Kegiatan seremoni selesai, dilanjutkan dengan pentas kreativitas siswa. Di antaranya pembacaan puisi, rebana dan penampilan band religi oleh Sajak Asmara Band. Anak-anak terlihat begitu semangat dan antusias mengikuti acara terutama saat kuis di sesi akhir acara.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Pati, Ahmadi Previous post Bawaslu Pati Tangani 10 Perkara Pelaksanaan Pemilu
Next post E-Koran Samin News Edisi 23 Februari 2023
Social profiles