Operasi Berjalan Sepekan, Polresta Pati Tindak 6.939 Pelanggar

SAMIN-NEWS.com, PATI – Operasi Keselamatan Candi Polresta Pati sudah berjalan sepekan sejak tanggal 7 Februari. Ada ribuan pelanggar lalu lintas yang terjaring oleh jajaran kepolisian Polresta Pati. Operasi candi ini digelar sejak sejak 7 hingga 21 Februari 2023.

KBO Satlantas Polres Pati, Ipda Muslimin menyampaikan pelaksanaan operasi keselamatan candi menggunakan kamera ETLE. Adapun jumlahnya yang terjaring mencapai 4 ribu lebih pelanggar lalu lintas.

“Rekapitulasi operasi keselamatan lalu lintas candi Polresta Pati mulai tanggal 7 s/d 13 Februari 2023 dengan jumlah tilang menggunakan ETLE mobile sebanyak 4.066 perkara,” kata Ipda Muslimin, Selasa (14/2/2023).

Tak hanya penindakan berupa sanksi tilang, Polresta bersama dengan petugas gabungan saat melakukan penertiban lalu lintas ini juga melakukan penindakan teguran dengan jumlah 2.873 perkara. Adapun total keseluruhan baik tilang dan teguran sebanyak 6.939 perkara.

Pihaknya merinci adapun kendaraan yang terlibat pelanggaran yaitu terdiri dari sepeda motor 3.262 unit, mobil barang 546 unit, mobil bus 61 unit, dan mobil penumpang 197 unit.

Selanjutnya, dibagi berdasarkan dengan jenis pelanggaran yaitu tidak menggunakan helm SNI 1624 perkara, melawan arus 21, menggunakan HP saat berkendara 71, berkendara di bawah pengaruh minuman alkohol 2, pengendara di bawah umur 169, boncengan lebih dari 1 orang 105 serta knalpot brong 193.

Muslimin menyebut target operasi keselamatan candi ini adalah pelanggaran kasat mata, seperti kelengkapan dan yang mengganggu masyarakat untuk menghindari fatalitas kecelakaan berlalu lintas.

Personel Polresta Pati saat melakukan Operasi Keselamatan Candi (Samin News/Polresta Pati)
Personel Polresta Pati saat melakukan Operasi Keselamatan Candi (Samin News/Polresta Pati)

“Tujuan operasi ini untuk menurunkan angka pelanggaran serta menurunkan angka kecelakaan lalu lintas untuk menghindari kecelakaan yang sifatnya fatal, serta kami mengedepankan edukasi para pengguna jalan,” tambahnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Anik Sukristiyani Previous post BUMD Pati Belum Setor Bagi Hasil ke Daerah
Foto: Rapat persiapan di Disbudpar Kudus yang juga menggandeng Komite Ekonomi Kreatif Next post Gelar Pameran Budaya, Disbudpar Kudus Gandeng Komite Ekonomi Kreatif
Social profiles