50 Peserta Ponpes di Demak Ikuti Bimtek Aplikasi Jogo Santri Tahun 2023

Foto: Kegiatan Bimtek Aplikasi Jogo Santri yang digelar di Ballroom Wakil Bupati Demak lantai satu (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – 50 Peserta pondok pesantren di Kabupaten Demak mengikuti bimbingan teknis berupa Aplikasi Jogo Santri Tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Kominfo Demak. Kegiatan tersebut disiarkan langsung dari Ballroom Wakil Bupati Lantai satu.

Kepala Diskominfo Demak Endah Cahyarini melalui Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Harso Gutomo menyampaikan, aplikasi tersebut merupakan bagian dari smart city yang sudah di canangkan Pemkab Demak sejak 2019 lalu.

“Sejak tahun 2019 Pemkab Demak telah menggabungkan aplikasi tersebut dan akhirnya di bangun pada tahun 2020. Jadi sudah 3 tahun aplikasi ini beroperasi,” tuturnya.

Meskipun begitu, aplikasi tersebut kemudian dievaluasi dan hasilnya banyak yang belum aktif menggunakannya. Aplikasi itu tentunya dapat membantu pemerintah dalam menampung segala informasi.

“Banyak yang belum menggunakan aplikasi tersebut. Tapi aplikasi itu dapat menampung informasi mengenai pesantren,” jelasnya.

Tentunya, para pencari informasi dapat dengan mudah memperoleh data terkait pesantren di Kabupaten Demak.

Sub Koor Kesejahteraan Sosial, Bagian Kesra Setda Demak Triyono mengungkapkan, untuk Demak sendiri merupakan sentral Ponpes di Indonesia. Mengingat, Demak memiliki Wali Songo pendiri agama Islam yang ada di Pulau Jawa.

“Kabupaten Demak menjadi salah satu basis pondok pesantren. Oleh karenanya, Pemkab sendiri berupaya untuk memajukan dan mengembangkan pondok pesantren di Demak,” tuturnya.

Diketahui, Aplikasi Jogo Santri salah satu program unggulan yang digaungkan oleh Bupati Eisti’anah yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan sarpras Pondok Pesantren di Demak.

“Sangat besar harapan dari ibu Eisti’anah agar bisa mengembangkan Pondok Pesantren,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Polres Demak saat berada di Desa Surodadi Kecamatan Sayung dalam menyerap aspirasi warga di program 'Jumat Curhat' (Istimewa) Previous post Kunjungi Desa Surodadi, Polres Demak Terima Aduan Warga Pesisir Tentang Rob
Foto: Ilustrasi peserta Paskibraka di Kudus tahun 2022 Next post Kesbangpol Kudus Mulai Buka Tahap Seleksi Paskibraka
Social profiles