Universitas Muhammadiyah Kudus Luluskan 806 Wisudawan yang Siap Kerja

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) telah meluluskan 806 wisudawan yang siap bekerja dari prodi kesehatan yakni S1 Farmasi, Prodi Profesi Apoteker, S1 Keperawatan, Profesi Ners, D3 Keperawatan, S1 Kebidanan, dan D3 Kebidanan.

Rektor UMKU Dr. Ns. Rusnoto mengatakan, dalam wisuda yang ke-26 ini pihaknya memang sengaja menempatkan pada awal tahun, agar para wisudawan semangat dalam menjalani tahun baru.

“Wisudawan kali ini memang ditempatkan di awal tahun, agar untuk semangat tahun baru,” ujarnya kepada Samin News.

Dalam kegiatan ini, berbagai jurusan telah lulus uji kompetensi yang sudah mendapatkan penomoran ijasah nasional, diantaranya, Diploma dan Profesi. Sebagian mereka juga ada yang sudah bekerja.

“Ada diploma dan profesi yang semuanya sudah lulus uji kompetensi. Lalu sudah memiliki penomoran ijasah nasional.
Mereka juga sebagian dari kelas yang sudah bekerja,” terangnya.

Adapun undangan pertama untuk para wisudawan bertempat di sebuah gedung baru milik UMKU yakni Crystal Building yang dikelilingi sebuah ornamen kaca dan mampu menampung sebanyak 3500 orang.

“Hari ini merupakan undangan pertama luring di gedung baru crsytal building kristal yang dikelilingi diantara kaca-kaca,” tandasnya.

Rusnoto melanjutkan, saat ini ada 20 mahasiswa yang sudah diincar diberbagai rumah sakit. Sementara itu untuk uji cobanya juga ada di UMKU, dan pihak rumah sakit hanya menyerahkan.

“Sudah ada 20 mahasiswa yang telah dipesan diberbagai rumah sakit. Biasanya uji cobanya di kita. Namun untuk rumah sakit hanya menyerahkan ke kita,” katanya.

Lebih lanjut, untuk hal tersebut pihak rumah sakit juga saling melakukan koordinasi dengan UMKU. “Jadi jika ada mahasiswa tidak bagus mereka akan meminta kami untuk menariknya,” terangnya.

“Hal itu dilakukan untuk fresh graduate. Mereka yang baik langsung diterima kerja,” tambahnya.

Ia menyebut, untuk 20 mahasiswa yang diincar itu sudah melakukan berbagai seleksi. Nantinya pada bulan Maret 2023 mahasiswa tersebut akan mulai bekerja di Rumah Sakit.

“20 mahasiswa tersebut Maret bulan depan akan bekerja di rumah sakit, diantaranya ada yang RS Muhammadiyah, NU, pemerintah sebagai perawat, bidan dan farmasi, intinya beragam,” ujarnya.

Rusnoto menyebut, dalam mewujudkan wisudawan yang siap bekerja pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan 30 rumah sakit. Nantinya jika ada pembukaan loker, maka UMKU akan diberi informasi.

“Kita sudah bekerja sama dengan 30 rumah sakit dan semuanya sudah komitmen. Kalau ada formasi kami diberitahu,” bebernya.

“UMKU juga disuruh merekrutnya melalui tempat ini karena kita punya laboratorium komputer yang diujinya disini semua sehingga memudahkan pihak rumah sakit,” imbuhnya.

Sementara Kepala LLDikti Jateng Bhimo Widyo Andoko mengucapkan, selamat kepada 806 wisudawan yang telah lulus. Ia berharap, ilmu yang dipelajari selama di UMKU dapat diberdayakan untuk masyarakat.

Foto: tampak ratusan wisudawan sedang berada di lantai bawah
Foto: tampak ratusan wisudawan sedang berada di lantai bawah

“Selamat kepada wisudawan yang hari ini meraih gelar resmi, semoga keilmuannya bisa diberdayakan untuk bangsa, semoga ini menjadi langkah awal untuk meraih kesuksesan,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap pada DKP Kabupaten Pati, Taryadi Previous post Tiga Pekan 200-an Kapal di Pati Tak Bisa Melaut
Next post E-Koran Samin News Edisi 18 Januari 2023
Social profiles