Pemdes Mulai Siap-siap Sambut Khaul Sunan Prawoto

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Pati saat ini sudah mulai bersiap-siap menyambut Khaul Sunan Prawoto, yaitu puncaknya pada tanggal 7 Februari 2023 mendatang.

Salah satu panitia Khaul Sunan Prawoto sekaligus Ketua BPD Desa Prawoto Ali Masturin menyebutkan tahun 2023 ini yang ke-45, sudah cukup lama. Adapun rangkaian acaranya ada khataman Al-Quran hingga dipuncaknya nanti ada kirab.

“Agenda khaul Makam Sunan Prawoto mulai sekarang sudah dimulai, pelajar berdatangan ziarah ke makam. Kemudian h-3 nanti Khatmil Quran bin nadhor dan bil ghaib, lalu puncaknya tanggal 7 Februari ada pawai,” jelasnya.

Dia mengaku pawai Sunan Prawoto nanti diikuti dari Keraton Surakarta, Pamengku makam Purwodadi dan Pati. Ali menjelaskan khaul kali ini bisa meriah. Ini mengingat dua tahun sebelumnya sempat vakum lantaran pandemi Covid-19.

“dari tahun ke tahun semakin meningkat baik semaraknya animo masyarakat sekitar maupun luar daerah. Khaul dua tahun sebelumnya itu diadakan hanya sebatas sederhana. Makanya tahun ini diharapkan khaul meriah,” harapnya.

Sedangkan Kades Prawoto, Hyro Fachrus menjelaskan untuk menyemarakkan kegiatan kirab budaya puncak Khaul Sunan Prawoto diikuti sebanyak 1500 masyarakat. Para peserta menggunakan baju nasional dan baju adat.

Setiap tanggal 17 Rajab atau puncak khaul, lanjutnya dilakukan penggantian lurug/kelambu. Namun sebelum diganti, lurug itu dikirab dulu. Menurutnya ini merupakan wujud syukur warga dengan wasilah Sunan Prawoto.

Ia mengungkapkan bahwa Sunan Prawoto merupakan raja keempat kerajaan Demak setelah Sultan Trenggono. Yaitu anaknya Sultan Trenggono yang berkedudukan di Prawoto.

Susunan kegiatan Haul Sunan Prawoto ke-45
Susunan kegiatan Haul Sunan Prawoto ke-45

“Kami berharap kegiatan ini dapat mengembangkan perekonomian warga utamanya dari UMKM. Sehingga perekonomian warga terangkat dengan Khaul Sunan Prawoto,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Rusak Pasca Banjir, DPRD Kudus dan Disdikpora Tinjau SD 1 Setrokalangan
Ilustrasi pasar hewan Next post Adanya PMK, Disdagperin Pati Belum Berencana Tutup Pasar Hewan
Social profiles