TBC di Kudus Capai 1977 Kasus, Dinkes Sarankan Hal Ini ke Masyarakat

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi saat ditemui disela kesibukannya

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus memberikan beberapa saran kepada masyarakat terkait bagaimana mencegah penyakit kontak erat Tuberkulosis (TBC). Mengingat di Kudus mencapai 1977 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi membeberkan kepada awak media empat tips bagaimana cara mencegah kontak erat TBC terkhusus bagi warga Kudus.

“Tips untuk masyarakat Kudus saat ada di TBC yang pertama yakni apapun harus menerapkan pola hidup sehat. Itu adalah kunci dari semua upaya pencegahan penyakit,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Andini menyebut, jika sampai ada salah satu warga yang terkena gejala TBC, maka harus segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit dan puskesmas terdekat yang mendukung fasilitas dalam penanganan penyakit TBC.

“Bilamana ada indikasi bahwa yang bersangkutan kearah gejala TBC mohon segera untuk diperiksakan diri ke Rumah Sakit dan Puskesmas terdekat,” jelasnya kepada awak media.

Selain itu, Andini menambahkan, jika warga yang sudah terkena TBC maka disarankan untuk disiplin melakukan pengobatan. Ditambah pihak keluarga, maupun kerabat dekatnya memberikan support.

“Harus disiplin untuk melaksanakan pengobatan. Keluarga atau pihak terdekat bisa juga mensupport untuk tetap disiplin dalam pengobatan. Bilamana itu kontak wajib juga mau memeriksa diri dan terbuka, dengan itu kita bisa mengupayakan pencegahan optimal,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah saat memberikan sosialisasi kemarin di Pemkab Kudus Previous post Mitigasi Resiko Hukum, Kejati Jateng Kunjungi Pemkab Kudus
Warga binaan Lapas Pati tengah membuat produk snak dan bakery Next post Produk Bakery Lapas Pati Tersertifkasi Halal
Social profiles