Reformasi Kependudukan, BPS Kudus Gelar FGD

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus menggelar Focuss Group Discussion yang digelar di Hotel Hom dengan tema Reformasi Kependudukan. Acara tersebut dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah di Kudus.

Pada kesempatan itu, BPS Kudus mengundang jajaran OPD seperti, Kepala Dukcapil, Kepala Disnaker, Kabid Pemsosbud Bappeda Kudus, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Keluarga Miskin Dinsos.

Kepala BPS Kudus Rahmadi Agus Santosa mengatakan, FGD kali ini mengangkat tema ‘Reformasi Kependudukan’ berupa data milik jajarannya yang akan dikupas tuntas oleh OPD yang hadir pada acara tersebut.

“Kami melaksanakan FGD berjudul ‘Reformasi Kependudukan’. Intinya data yang sudah dibuat dan dihasilkan BPS baik itu lewat survei maupun sensus bisa diulas dan dikupas tuntas,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, nantinya para OPD terkait dalam kesempatan itu bisa mempelajarinya langsung serta diskusi bersama anggota lainnya. Setelah itu akan muncul masukan terkait upaya dalam mengambil kebijakan.

“Nantinya temen OPD bisa mempelajari terkait di FGD. Kemudian akan ada hasil masukan untuk pengambilan kebijakan pemerintah daerah,” jelasnya.

Agus sapaan akrabnya melanjutkan, OPD yang menjadi narasumber itu berhubungan langsung dengan data milik BPS. Seperti kependudukan di Dukcapil, Indeks Pembangunan Manusia di Bappeda.

“Setelah para OPD membahas data, akan muncul tindakan selanjutnya atau keputusan kebijakan Pemerintah Daerah. Selain itu terkait pengangguran juga di Disnaker,” terangnya.

Ia berharap dengan mengundang Kepala OPD terkait ini banyak masukan dan saran untuk kemajuan daerah dalam kedepannya, terutama pada sektor ekonomi dan sektor pendidikan.

Ketua Panitia Dian Sudarmanto dalam sambutannya mengatakan, data perekonomian ini akan digunakan sebagai perencanaan pembangunan pada tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Data itu diantaranya jumlah penduduk, kepadatan penduduk, dan pertumbuhan penduduk. Ditambah jenis kelamin, mata pencarian dan tingkat pendidikan,” bebernya.

Acara kali ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari OPD terkait dinas, instansi dan pegawai BPS.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Catatan Kritis KUHP Baru Oleh : Pudjo Rahayu Risan
Next post E-Koran Samin News Edisi 27 Desember 2022
Social profiles