Melestarikan Budaya Asli Nusantara, UMKU Gelar Kejuaraan Pencak Silat

Kejuaraan pencak silat tingkat provinsi yang diselenggarakan di UMKU Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) sebagai tuan rumah utama telah menggelar kejuaraan Pencak Silat tingkat provinsi yang diikuti oleh 700 atlet selama tiga hari, yakni mulai Jumat (23/12) hingga Minggu (25/12).

Wakil Rektor II UMKU Rizka Himawan menjelaskan, untuk penyelenggaraan kejuaraan tingkat provinsi pihaknya memiliki komitmen dalam mengembangkan atlet-atlet berbakat. Event tahunan itu mempertandingkan kelas tanding A-J, kelas bebas perorang, kelas bebas beregu, dan kelas seni tunggal.

“UMKU CUP III sebagai wujud komitmen kampus kami dalam upaya melestarikan budaya asli nusantara (Pencak Silat) juga dimaksudkan untuk mengembangkan potensi atlet-atlet Tapak Suci Putera Muhammadiyah,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Rizka, sebelumnya pihaknya telah menyelenggarakan kejuaraan pencak silat tingkat provinsi tersebut sebanyak tiga kali termasuk pada tahun 2022 ini. Ia berharap kedepan bisa menggelar acara yang serupa dan lebih besar lagi.

“Ini merupakan tahun ketiga bagi UMKU dalam menggelar kejuaraan pencak silat tingkat provinsi yang berkolaborasi dengan Pimda TS 157 Kudus,” bebernya.

Nantinya setelah perhelatan kejuaraan pencak silat digelar, akan muncul output baik dalam menghasilkan atlet yang siap mentas di kejuaraan tingkat nasional. Serta, pihaknya siap memberikan beasiswa bagi atlet SMA/SMK/MA yang berhasil meraih podium kejuaraan pada event tersebut.

Ketua IPSI Kudus H. Muh Nur Hasyim memberikan apresiasi kepada UMKU yang telah berpartisipasi menjadi tuan rumah penyelenggara kejuaran pencak silat. Serta berharap UMKU senantiasa untuk mensupport kejuaran seperti itu.

“Saya apresiasi atas gelaran UMKU Cup III ini serta sudah menjadi tuan rumah. Semoga UMKU selalu support terhadap kejuaraan yang akan datang,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Bawaslu Kudus terima penghargaan Previous post Bawaslu Kudus Raih Penghargaan di Tingkat Provinsi
Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Pati Next post Kelompok Tani di Pati Terima Bantuan Alsintan
Social profiles