Berkah Pedagang, Peziarah Serbu Makam Sultan Patah

Tampak kondisi lingkungan sekitar Masjid Agung Kabupaten Demak

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Menjelang tutup tahun 2023 para peziarah serbu Makam Sultan Patah yang bertempat di sekitar Masjid Agung Kabupaten Demak. Mengingat hal itu bersamaan dengan liburan sekolah.

Adapun pengunjung lainnya dan peziarah yang berdatangan mencapai kenaikan 50 persen jika dibandingkan hari-hari biasa. Hal itu terlihat dari banyaknya kendaraan roda empat, minibus, dan sepeda motor yang parkir.

“Banyak pengunjung atau peziarah yang datang pribadi, minibus hingga sepeda motor yang parkir disekitar Alun-Alun Demak terutama pada hari weekend,” jelas Fakturahman.

Fakturahman Petugas Masjid Agung Demak menjelaskan, peningkatan pengunjung ini biasanya sering terjadi pada hari libur panjang. Salah satunya liburan sekolah yang juga sekaligus merayakan Nataru.

“Kenaikan pengunjung sering terjadi saat libur panjang sekolah seperti saat ini yang pas dengan libur Nataru. Hari biasa peziarah kurang lebih sebanyak 2 ribu sampai 3 ribu orang,” terangnya.

Jika saat ini tingkat pengunjung yang datang mencapai 5 ribu sampai 6 ribu orang perharinya. Banyaknya pengunjung wisata religi yang berziarah di Sultan Bintoro memberikan berkah pada penjual makanan dan minuman.

“Liburan Nataru ini banyak pengunjung yang datang ke lapak penjual salah satunya sentra oleh-oleh yang ada disekitar Masjid Agung,” ungkapnya.

Fakturahman melanjutkan, biasanya peziarah yang datang ke pusat sentra oleh-oleh seperti makanan, kaligrafi, dan cinderamata, sebelumnya ia melakukan doa ziarah dahulu.

Pemilik Kios Cinderamata dan Oleh-Oleh yang berlokasi di Jalan Kauman Utara Wahyuni mengatakan, mereka banyak sekali yang membeli buah tangan baik makanan maupun cinderamata.

“Untuk transaksi belanja saat ini mengalami peningkatan terlebih jika memasuki musim libur panjang seperti ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, kebanyakan pengunjung saat membeli di lapak Wahyuni mencari blangkon, baju muslim anak, dan sorban. “Ahamdulilah barang yang kami jual harganya terjangkau,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Bupati Demak Eisti'anah saat berada di Kecamatan Wedung Demak mengikuti kegiatan sarasehan bersama petani garam Previous post Petani Garam di Wedung Membaik, Bupati Demak Minta Untuk Ekspor
Next post E-Majalah Samin News Edisi Bulan Desember 2022
Social profiles