Ratusan Pelajar Meriahkan Hari Aksara di Pendopo Pati

0
Ratusan pelajar mulai tingkat PAUD hingga SD meriahkan acara Hari Aksara Internasional (HAI) yang digelar di Pendopo Kabupaten Pati
Ratusan pelajar mulai tingkat PAUD hingga SD meriahkan acara Hari Aksara Internasional (HAI) yang digelar di Pendopo Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ratusan pelajar mulai tingkat PAUD hingga SD meriahkan acara Hari Aksara Internasional (HAI) yang digelar di Pendopo Kabupaten Pati, Sabtu (19/11/2022) pagi. Sebelum dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Winarto, anak-anak menampilkan pertunjukan seni tari.

Kepala Disdikbud Winarto saat berpidato
Kepala Disdikbud Winarto saat berpidato

Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan panggung musik, booth lapak UMKM, SKB Pati, LKP Melati, LKP Sistha Sari, LKP Alverna, TBM Kedai Pustaka, LKP Tazkiya Juwana, PKBM se-Kawedanan Tayu dengan jumlah 11 stand.

Acara seremoni dilaksanakan di Pendopo, setelah itu Kepala Disdikbud beranjak ke halaman pendopo membuka acara secara simbolis dengan pelepasan Burung Merpati.

HAI diperingati tiap tahunnya pada tanggal 8 September, adapun kali ini mengusung tema Transformasi Literasi dalam Konteks Merdeka Belajar melalui Pendidikan Non Formal. Momen ini memberi perhatian kita semua terhadap pentingnya literasi pada dunia pendidikan non formal untuk membangun peradaban manusia.

Kepala Disdikbud Winarto mengatakan, tema tersebut mendorong agar kemampuan literasi serta numerasi anak didik harus ditingkatkan. Apalagi dengan sistem pendidikan nasional Indonesia, peran pendidikan non formal tak kalah pentingnya untuk melahirkan bakat-bakat setiap anak.

“Kami harap tidak hanya jadi jargon semata, tetapi agar diimplementasikan pendidikan yang mampu membentuk talenta. Tolong anak-anak diberikan layanan berkualitas,” pinta Winarto dalam sambutannya.

Selain itu, dirinya meminta bagi pendamping serta guru-guru pengajar untuk menanamkan nilai-nilai profil pelajar pancasila. Dengan begitu, nantinya anak didik mempunyai pondasi kokoh serta berkarakter dan tujuan pendidikan nasional tercapai.

“Tanamkan bagi anak-anak untuk beriman bertaqwa, berpikir kritis, menamakan daya kreatif tinggi, gotong royong, mandiri serta tanamkan kebhinekaan. Jika diterapkan visi pendidikan akan tercapai yaitu Indonesia maju, berdaulat, berdikari,” jelasnya.