Mahasiswa KKN UMKU Inisiasi Gerakan Cegah Stunting

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menginisiasi langsung program gerakan pencegahan stunting bersama dengan Masyarakat Wergu Wetan Kabupaten Kudus. Senin (28/11/2022).

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kelurahan Wergu Wetan Kudus tersebut dalam rangka penyuluhan dan membagikan informasi terkait stunting, serta sebagai upaya pencegahan stunting pada kesehatan.

“Kami disini melakukan sosialisasi dengan teman -teman lainnya yang menyasar segala usia di Wergu Wetan dalam mengedukasi informasi penyuluhan stunting,” jelas Ketua KKN UMKU Wergu Wetan Putri Sofiana.

Lebih lanjut, selain penyuluhan bertema ’Weekend Sehat dan Bazar Gratis’ yang gencar sedang disosialisasikan oleh tenaga kesehatan, ada juga event senam sehat, bazar, cek kesehatan, perlombaan mewarnai dan lomba menyanyi untuk anak-anak.

“Penyuluhan yang digelar di Wergu Wetan, terdapat juga berbagai macam event lomba seperti, senam sehat, lomba mewarnai, menyayi untuk anak-anak, dan tempat cek kesehatan” tuturnya.

Menurut Putri sapaan akrabnya, munculnya stunting pada anak biasanya sangat berpengaruh kepada motorik dan perkembangan kognitif. Selain itu, penyakit tersebut berdampak pada penurunan performa di sekolah

“Selain itu, stunting juga dapat meningkatkan risiko kelebihan gizi, penyakit tidak menular, dan mengurangi produktivitas pada saat dewasa,” terangnya.

Salah satu mahasiswa UMKU saat memberikan pemaparan di hadapan warga Wergu Wetan Kudus
Salah satu mahasiswa UMKU saat memberikan pemaparan di hadapan warga Wergu Wetan Kudus

Siti Chotiman sebagai sekretaris PKK Wergu Wetan memberikan dukungannya kepada Mahasiswa KKN UMKU dalam menyebarkan informasi tentang edukasi stunting. Dengan hal itu, diharapkan kasus stunting di Kudus semakin baik dan menurun.

“Selain mengharapkan kasus angka stunting menurun, untuk perbaikan gizi juga diharapkan semakin meningkat demi masa depan yang lebih cerah,” pungkasnya.