Kelompok Muda-mudi di Pati Digembleng Wawasan Kebangsaan

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Para kelompok muda-mudi di Pati digembleng wawasan kebangsaan rasa nasionalisme dan patriotisme oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Acara ini dibuka di Ruang Pragolo Kantor Sekretariat Daerah setempat, Sabtu (19/11/2022) pagi tadi.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas pada Kesbangpol Pati, Herman Setiawan
Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas pada Kesbangpol Pati, Herman Setiawan

Kepala Kesbangpol Pati melalui Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri dan Ormas, Herman Setiawan mengatakan kegiatan kali ini pihaknya mengundang dari luar jawa di antaranya dari Papua, Suku Mandailing Sumatera Utara dan juga Suku Dayak dari Kalimantan Barat.

“Kami undang dari generasi muda, siswa-siswi terkait wawasan kebangsaan dan nasionalisme. Kita undang juga dari luar jawa agar langsung bisa mempraktekkan bahwa kita adalah Bhineka Tunggal Ika semuanya Satu Nusa dan Satu Bangsa walaupun berbeda-beda untuk kepentingan nasional,” ucap Herman kepada wartawan.

Dia mengatakan dalam kesempatan ini diikuti oleh Guru PKN SMA/SMK beserta siswa-siswanya dan beberapa Ormas Pemuda seperti Ansor, Pemuda Pancasila, Karang Taruna, hingga Purna Paskibraka.

Menurutnya, rasa nasionalisme warga negara itu harus selalu dilakukan updating atau penyesuaian. Yaitu menyesuaikan tiap zaman yang terus berubah. Herman menyebut tidak bisa diukur antara nasionalisme sekarang dengan masa dulu.

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai suku, budaya, dan bahasa yang sangat beragam. Sehingga jika para generasi penerus ini tidak bisa memahami dan menjalankannya akan menjadi sumber pemicu konflik di kemudian hari.

Oleh karena itu para Founding Fathers atau pendiri bangsa Indonesia ini sangat mengerti betul akan persoalan itu. Sehingga empat pilar kebangsaan dari Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika harus benar-benar diimplementasikan di setiap lini kehidupan.

“Kita undang untuk sinergi bersama terkait dengan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 45, NKRI empat pilar yang harus kita pakai konsisten untuk kehidupan berbangsa,” jelasnya.

Dengan empat pilar itu tujuannya sebagai perekat tali persaudaraan. Begitu juga di Kabupaten Pati yang sudah kondusif ini agar terus bisa berjalan.