KBPW Rayakan HUT ke-2, Meriahkan Berbagai Festival

Koordinator Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) Kudus Muchamad Zaini atau yang akrab disapa Jesi usai ditemui disela kegiatannya

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) Kudus akan merayakan Hari Ulang Tahunnya ke-2, pada Jumat (25/11). Perayaan tersebut rencananya akan dimeriahkan dengan berbagai Festival Pager Mangkok, Rabu (23/11/2022).

Koordinator KBPW Muchamad Zaini mengatakan, HUT itu akan diselingi dengan kegiatan Festival Pager Mangkok yang diselenggarakan selama dua hari di Dukuh Piji Wetan Desa Lau Dawe Kudus.

“Kegiatan ini akan berlangsung pada 25-27 November 2022 di Dukuh Piji Wetan Desa Lau, Dawe Kudus,” ungkapnya.

Gelaran Festival itu akan mengusung konsep kontemporer, religi, dan seni tradisi yang nantinya akan dikemas dalam serangkaian agenda yang akan sangat meriah. Kirab dan ritual doa pager mangkok di Punden Depok akan menjadi pembuka acara.

“Dalam acara itu akan dihadiri oleh 17 kelompok seni yang akan menampilkan pertunjukan seperti ketoprak, teater, terbang papat, dongeng hingga parade puisi,” ungkapnya.

Sementara untuk seni kontemporer akan dikemas dalam pameran lukisan, instalasi seni, Kaligrafi, dan art print. Selain itu, 16 stand UMKM lokal turut memamerkan produk-produknya di gelaran Festival Pager Mangkok 2022.

Diharapkan festival ini dapat menumbuhkan kembali ghirah atau semangat bersedekah di masyarakat. Zaini berharap Festival ini bisa menjadi ajang pembuktian masyarakat sebagai subjek pembangunan dan penggerak dalam pemajuan kebudayaan.

“Saat ini masyarakat harus menjadi subjek, bukan lagi objeknya, dan masyarakat harus sadar bahwa banyak program yang bisa dilakukan untuk memajukan kebudayaan desa,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Kepala PKPLH Kudus Abdul Halil saat ditemui disela kesibukannya di Pendopo Kabupaten Previous post Hibah Kementrian LHK PDU Senilai Rp 3,5 M di Kudus Pengoperasiannya Belum Maksimal
Next post Dinas PMD Harap Satgas Bantu Kembangkan Budaya Desa
Social profiles