Kawasan Hutan Pati Ayam akan Direhabilitas

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kawasan hutan dan lahan menjadi salah satu faktor bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pati. Wilayah hutan sudah gundul tidak mampu menyerap air secara maksimal. Olehnya DPR RI bersama BPDAS Pemali Jratun dan Dinas Kehutanan Jawa Tengah menggelar Sosialisasi dan Bintek Pelaksanaan RHL oleh Lembaga Eksekutif, Kamis (24/11/2022).

Anggota Komisi X DPR RI Firman Soebagyo menekankan upaya bersama untuk memperbaiki lingkungan kawasan hutan dengan menanam pohon. Ini untuk mengembalikan fungsi hutan dalam konservasi menjaga ekosistem.

Berlangsung sosialisasi dan Bintek Pelaksanaan RHL oleh Lembaga Eksekutif, Kamis (24/11/2022)
Berlangsung sosialisasi dan Bintek Pelaksanaan RHL oleh Lembaga Eksekutif, Kamis (24/11/2022)

“Lebih baik menanam satu pohon dari pada kita hanya mengomentari,” kata Firman dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Sementara anggota DPRD Pati, Endang Sri Wahyuningati menyebut kegiatan ini perlu dilakukan. Karena saat ini, menurutnya bencana banjir yang dulunya tidak ada tetapi sekarang justru terjadi. Padahal lazimnya hanya di kawasan sungai.

“Ini suatu pertanda alam harus disikapi pola konservasi di antaranya menanam pohon yang fungsinya sebagai penahan air,” jelasnya.

Dirinya berharap, ini tidak hanya program sesaat. Melainkan program jangka panjang yang nantinya bisa menanggulangi banjir sedikit demi sedikit dengan melakukan lokalisir sebagai tindakan pencegahan.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, dalam waktu dekat ini rehabilitasi kawasan hutan yang akan direhabilitasi itu di daerah Pegunungan Pati Ayam. Kegiatan ini penting untuk dikawal dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan.

“Karena sudah ditanam tidak dirawat tidak tumbuh kemudian diobservasi bagaimana keterserapan penanganan air. Pastinya partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini juga dibutuhkan,” ungkapnya.

“Rencananya tanaman pohon sengon dan alpukat. Karena tidak butuh waktu panjang masa tumbuhnya. Secara teknisnya ada hitung-hitungan seberapa membantu untuk proses penanggulangan alam menampung curah hujan,” tambah dia.