Henggar Ingatkan ASN Tinggalkan Pola Kerja Kuno

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat memberikan pengarahan dalam upacara peringatan HUT ke-51 Korpri di Alun-alun Pati, Selasa (29/11/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Para ASN mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korpri di Alun-alun Pati, Selasa (29/11/2022). Adapun tema peringatan HUT Korpri tahun ini yaitu Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri.

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dalam sambutannya mengingatkan bahwa Korpri merupakan wadah yang menghimpun seluruh pegawai di indonesia harus semakin menunjukan eksistensinya untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

“Korpri sebagai perkumpulan pelayanan negara mengutamakan kepentingan masyarakat dan negara. Begitu pula ASN dari bagian anggota Korpri sudah sepatutnya meninggalkan pola kerja yang terkesan kaku, kuno dan terkesan inprofesional,” ucap Henggar.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat ini mengharuskan pelayanan bersifat dinamis untuk mempersiapkan diri dengan dinamika perubahan yang ada. Menurutnya, era digitalisasi harus ditangkap untuk meningkatkan kompetensi kualitas dan kapasitas ASN terutama dalam literasi digital.

“Dengan demikian akan tercipta kinerja efektif dan efisien dan didukung oleh pengetahuan sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni. Karena masyarakat sudah semakin cerdas dan kritis. Untuk itulah penyelenggara pelayanan publik harus mampu merespon perubahan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Henggar tak menoleransi pelayanan yang sulit, berbelit-belit, lambat, dan tidak ramah. pelayanan yang diberikan harus mampu berorientasi pada output yang gampang dan mewujudkan pelayanan yang prima. Sebab terkait perubahan kebijakan yang ada kerap terjadi, mau gak mau harus bersifat adaptif.

Lebih lanjut dia mengatakan hal itu selaras dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 7 tahun 2022 yang mengatur penyederhanaan birokrasi bagi sistem kerja baru bagi instansi pemerintah yang lebih ramping.

“Apabila mampu membangunnya pola pikir itu, tentu perlahan mengurangi stigma ASN terkait kurang disiplin, minim integritas akan terkikis dengan sendirinya,” paparnya.

“Berharap anggota Korpri senantiasa memberikan kontribusi bagi masyarakat utamanya akselerasi pemulihan pasca pandemi. Kita harus bahu-membahu mengejar ketertinggalan, pandemi kemarin agar dijadikan pelecut untuk berlari mengejar kemajuan dan keberhasilan,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ketua Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI) Kabupaten Pati Previous post Buruh di Pati Tolak Besaran UMK 2023
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati Agus Bambang Yunianto Next post Disnakertrans Akui Ada Perusahaan Gaji Pekerjanya di Bawah UMK
Social profiles