Tekan Volume Sampah di TPA, DLH Bentuk Bank Sampah

0
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati berupaya untuk mengurangi volume sampah domestik. Ini dilakukan agar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) agar mampu menampung sampah secara lebih lama atau dengan kata lain overload.

Kepala DLH Pati, Tulus Budiharjo, mengatakan bahwa dimana saja sampah menjadi isu persoalan yang harus dihadapi. Sebab berbicara terkait adanya sampah itu berhubungan erat dengan penduduk. Dengan begitu pihaknya berkonsentrasi mengurangi sampah dari sumbernya.

“Melakukan penanganan sampah di TPA, berkonsentrasi untuk mengurangi sampah dari sumbernya. Sehingga bank sampah dirasa mampu mengatasi persoalan tersebut,” ucap Tulus, Selasa (4/10/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan bank sampah yang dibentuk itu tujuannya untuk menampung sampah-sampah yang memiliki nilai jual. Sebagai contoh, sampah plastik itu hampir semuanya laku, kemudian bungkus deterjen sekarang juga laku.

Sebab, menurut Tulus, sampah yang sudah sampai di TPA semestinya sampah yang sudah tidak bisa dimanfaatkan atau didaur ulang. Sehingga program pilah sampah dari sumbernya itu untuk mendukung bank sampah mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA.

Jika tidak dikurangi dari sumbernya, maka produksi sampah akan jauh lebih besar. Pasalnya saat ini saja dirinya menyebut hampir 100 ton sampah masuk ke TPA Sukoharjo.

“Sampah yang masuk ke TPA Sukoharjo setiap harinya mencapai 80 ton hingga 100 ton. Jumlah tersebut bersumber dari seluruh sampah di Kabupaten Pati. Meskipun ada beberapa yang tampung di perdesaan,” jelasnya.

Pemilahan di bank sampah supaya volumenya dapat ditekan. Laju pertambahan sampah memang berbanding lurus dengan pertumbuhan manusia. Untuk itu kita membuat beberapa bank sampah itu, yang sekarang sudah ada di beberapa pojok desa,” tandasnya.

Di sisi lain, Tulus mengungkapkan bahwa TPA Sukoharjo yang dibangun pada 2017 itu mampu bertahan menampung sampah hingga 10 tahun yakni hingga tahun 2027.

Adapun DLH Pati sampai saat ini telah mempunyai 182 unit bank sampah yang tersebar di Kabupaten Pati. Sementara induk bank sampah terletak di Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati.