Pemdes Dadirejo akan Bangun Gedung Pelayanan Terpadu

0
Berlangsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Pati, Selasa (18/10/2022)
Berlangsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Pati, Selasa (18/10/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa (Pemdes) Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati akan memprioritaskan pembangunan gedung serbaguna pada tahun anggaran 2023 mendatang. Ini diketahui saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) desa setempat, Selasa (18/10/2022).

“Yang paling dibutuhkan untuk saat ini adalah pembangunan gedung pelayanan terpadu balaidesa, kemudian penanganan pencegahan stunting,” kata Kepala Desa (Kades) Dadirejo, Sukarjo saat ditemui usai kegiatan.

Pembangunan gedung serbaguna atau balaidesa itu menurutnya sangat urgen. Ini mengingat gedung tersebut yang digunakan perangkat desa dalam memberi pelayanan masyarakat.

Selain itu, dia menjelaskan usulan masyarakat saat Musrenbangdes juga ada program-program pemberdayaan masyarakat, baik itu untuk ibu-ibu PKK maupun bagi kalangan pemuda dalam Karang Taruna.

Menurut Sukarjo, Pemdes Dadirejo juga akan melakukan pembenahan di sektor infrastruktur, yaitu pembangunan akses jalan pertanian. Mengapa ini penting, karena dia menyebutkan Desa Dadirejo terdiri dari wilayah pertanian.

“Pembangunan infrastruktur di tahun depan kita fokus pada akses jalan pertanian. Karena Dadirejo terdiri dari lahan-lahan pertanian dan mayoritas sebagai petani. Adapun wilayahnya terdapat di tiga titik, di antaranya Perakitan, Patebon dan terakhir Dukuh Betek,” jelasnya.

Kendati demikian, dia menegaskan ini baru tahap usulan yang mana menjadi program prioritas akan dikerjakan pada tahun depan. Sebab pihak Pemdes belum mengetahui mengenai berapa pendanaan yang dibutuhkan, termasuk belum tahu jumlah Dana Desa (DD) yang akan diperoleh.

“Ini masih usulan, karena gini ya, kita belum tahu anggaran Dana Desa (DD) kan belum tahu. Tetapi ini yang terpenting sudah ada usulan dan dimusyawarahkan dalam Musrenbangdes. Serta masyarakat sudah menyetujui usulan ini menjadi program prioritas tahun depan,” pungkasnya.