Berkat Petanque, SMPN 1 Kaliwungu Kudus Raih Empat Medali Kejurkab

0
Siswa-siswi yang berhasil medali
Siswa-siswi yang berhasil medali

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – SMPN 1 Kaliwungu Kudus berhasil meraih dua medali emas dan perak di bidang olahraga Petanque saat mengikuti ajang Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) 2022 pada 21-22 September 2022 di Gedung Olahraga Bung Karno Kudus kala itu.

“Ajang tersebut diikuti oleh sembilan siswa-siswi dari kelas 8 dan 9. Serta mengikuti 5 jenis lomba. Namun hanya tiga yang berhasil membawa pulang medali,” ucap Pembina Petanque SMPN 1 Kaliwungu Puspitaningrum saat ditemui Rabu (5/10/2022).

Puspitaningrum mengatakan, raihan emas pertama pada tunggal putra dicapai oleh siswa Zikri Robby Pemekas. Selain itu, ada juga yang meraih medali emas dan perak pada sektor ganda putra.

“Pasangan Urip Aditya Nashwa dan Zikri Robby Pemekas berhasil meraih emas. Sedangkan pasangan M Ulil Albab dan Putra Aditya Wardhana meraih perak,” kata dia kepada Samin News.

Raihan medali juga dicapai oleh ganda putri, yakni pasangan Zahra Awalia Setiawan dan Tia Utami yang berhasil membantu menyumbangkan emas bagi SMPN 1 Kaliwungu kala itu. Keduanya bersyukur usai mendapatkan medali emas.

“Anak-anak yang mengikuti ini baru mendapatkan medali di tingkat kabupaten. Sementara untuk provinsi beberapa waktu juga pernah dicoba,” ujar Puspitaningrum.

Raihan itu disebutnya merupakan modal untuk mempersiapkan diri mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada tahun 2023. Meskipun berbeda, tim Petanque kelas VII tetap berlatih keras guna mempersiapkan mengikuti perlombaan selanjutnya.

Kepala Sekolah SMP 1 Kaliwungu Abdullah Noor bersama Pembina Petanque Puspitaningrum
Kepala Sekolah SMP 1 Kaliwungu Abdullah Noor bersama Pembina Petanque Puspitaningrum

“Untuk Olahraga Petanque masuknya ekstrakurikuler. Kita latihan Seminggu tiga kali, pada Selasa, Kamis, dan Sabtu,” ujarnya

Terkait hal itu, Kepala SMPN 1 Kaliwungu Kudus Abdullah Noor mengaku bersyukur atas usaha yang diraih siswa-siswinya dalam mengikuti perlombaan saat itu. Kerja keras anak-anak menurutnya, hasil dari bimbingan pembina olahraga Petanque.

“Saya bersyukur berkat bimbingan pembina anak-anak dapat menorehkan prestasi,” tandasnya.

Perlu diketahui, perlahan olahraga Petanque mulai digemari oleh siswa-siswi SMPN 1 Kaliwungu Kudus. Pihak sekolah mengadakan Petanque karena pandemi covid-19 di awal tahun 2020.

Kemudian pihak SMPN 1 Kaliwungu ingin mengadakan kegiatan yang tanpa bersentuhan langsung. Tanpa berpikir lama, jajaran sekolah kemudian belajar olahraga tersebut untuk meraih sebuah prestasi di kala pandemi.