Kreativitas Siswa-siswi SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Manfaatkan Benda Bekas

Semangat anak-anak dalam ektrakurikuler robotik di ruang kelas

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Kreativitas Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) kelas 4 hingga 6 Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus dalam manfaatkan benda bekas menjadi robotik kembali di langsungkan pada kegiatan ekstrakurikuler, Minggu (25/9/2022).

Pengajar ektrakurikuler robotik SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Ridwan mengatakan, pemanfaatan barang bekas menjadi benda yang berguna merupakan hasil belajar anak didiknya.

“Menggunakan barang bekas seperti sedotan, es krim, tusuk sate, dan elektronik. Anak-anak berhasil menyusun robot siput berkaki dua,” terang dia.

Lebih lanjut, ia menyebut, robot yang dibuat oleh anak-anak ektrakurikuler itu merupakan robot yang tergolong sederhana namun bisa bergerak maju. Tetapi, robot tersebut belum bisa dikontrol.

“Untuk itu, kegiatan ekstrakurikuler mengajarkan anak-anak biar terlatih, punya ide kreatif dengan robot-robot yang dapat dimanfaatkannya,” ujarnya.

Ektrakurikuler robotik itu diharapkan mampu membuat anak-anak lebih kreatif dan berkembang dalam memanfaatkan potensi barang bekas. Serta dapat mengeluarkan ide-ide yang unik.

Senada yang diucapkan oleh Ridwan, Fatchun Naim selaku koordinator ekstrakurikuler robotik menyebut tujuan diadakannya ekstrakurikuler robotik untuk mengasah kreatifitas dan mengembangkan potensi anak-anak.

“Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4-6 SD dengan jumlah 30 anak. Yang diminta untuk menyusun robot menggunakan benda-benda sederhana,” ungkapnya.

Kegiatan itu sebagai upaya membangun minat anak-anak bahwa membuat robot itu mudah dan murah. Perlu diketahui, eksrakurikler robotik di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus sudah sejak 3 tahun silam, sempat berhenti karena pandemi.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
rombongan studi tour dari Desa Botomulyo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Previous post Pemdes Bermi Kedatangan Rombongan dari Kendal, Studi Pengelolaan Sampah
Kepala BKPP Kabupaten Pati, Saiful Ikmal Next post BKPP Minta Jangan Tergiur Iming-iming Calo soal Pendataan Honorer Masuk CPNS
Social profiles