Dibimbing Gurunya, Tiga Siswi SMP di Kudus Sulap Parijotho Jadi Masker Wajah

0
Tiga Siswi Kreatif yang berasal dari SMP Tahfiz Duta Aswaja Kudus, (Foto : Adam Naufaldo)
Tiga Siswi Kreatif yang berasal dari SMP Tahfiz Duta Aswaja Kudus, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – SMP Tahfiz Duta Aswaja Kudus melalui ketiga siswi kelas 7C yang kreatif itu yakni, Syafira alfatunisa Wulandari, Assyifa Azahra, dan Azwa Alifathuzakia berhasil membuat masker wajah berbahan dasar buah Parijotho. Kreasi tersebut dibuat atas bimbingan gurunya, Kamis (1/9/2022).

Kreasi itu dilakukan dengan cara menumbuk buah Parijotho menjadi masker wajah yang berkhasiat tinggi. Guru pembimbing Ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja, Wisnu Bayu Murti menyebut, ide pembuatan masker dari parijotho murni dari inisiatif muridnya.

“Awalnya Syifa, yang menyukai riset dan penelitian mencoba mencari inovasi unik berbahan alam dari artikel di internet. Lalu, menemukan ide membuat masker dari parijotho,” ungkap Wisnu sapaan akrabnya.

Ide siswinya tersebut, akhirnya membuat guru pembimbing itu tertarik untuk membantu mengembangkan dan mengarahkannya. Ternyata, pembuatan masker wajah tersebut tidak rumit menurutnya.

Pembuatannya hanya membutuhkan beberapa tahap. Seperti, penumbukan, penjemuran, hingga penyaringan menjadi serbuk masker halus dan kasar. Proses pembuatan masker itu, memakan waktu hingga 3-4 hari.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan terkait urutan atau proses pembuatannya dimulai buah parijotho yang dipisahkan dari batangnya lalu ditumbuk dan dijemur selama dua hari. Usai penjemuran ditumbuk lagi menjadi bubuk hingga berlanjut ke proses penyaringan menjadi bubuk halus dan kasar.

“Nantinya bubuk halus yang sudah ditumbuk, akan dijadikan sebagai masker wajah. Serbuk kasar hasil penyaringan akan dijemur lagi untuk diolah menjadi teh herbal. Semua bahan kami manfaatkan untuk menjadi produk jadi,” bebernya.

Produk ciptaan siswinya tersebut kedepan akan diajukan untuk proses hak paten dan HAKI agar bisa diakui sebagai produk asli siswa SMP Tahfidz Duta Aswaja Kudus. Terkait hal ini, semoga ada siswa-siswi yang lebih kreatif di bidang sains dan penelitian.

Assyifa Azzahra selaku Ketua tim pembuat masker parijotho, mengaku senang dan merasa bangga atas kreativitas timnya yang bisa membuat produk sendiri. Terlebih, masker parijotho merupakan produk asli Kudus yang memiliki banyak manfaat.

Penulis
Adam Naufaldo