Satu Warga Pati yang Sempat Suspek Cacar Monyet Dinyatakan Negatif

0
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satu warga Kabupaten Pati dinyatakan negatif suspek Monkeypox (cacar monyet) dari hasil pemeriksaan laboratorium. Negatifnya hasil suspek satu warga Pati tersebut dikonfirmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati.

“Hasil pemeriksaan laboratorium suspek cacar monyet satu warga Kabupaten Pati negatif,” singkat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) saat dihubungi, Sabtu (6/8/2022).

Sebelumnya Dinkes menyebut bahwa satu warga Kabupaten Pati dinyatakan suspek cacar monyet. Pasien ini masuk dan dirawat di rumah sakit swasta sejak 29 Juli 2022. Ketika dinyatakan suspek, kemudian sampel darah pasien dikirim ke Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Sri Oemiyati Jakarta pada awal Agustus.

Pasien yang berprofesi sebagai driver itu disebutkan Aviani, bahwa dari dokter yang merawatnya ditemukan pasien mengalami gejala yang mirip dengan cacar monyet. Gejala yang dialami seperti, demam disertai diare dan mengalami penyakit cacar.

Sementara itu, Bupati Pati, Haryanto menyebut hasil laboratorium ini diketahui pada Kamis malam bahwa satu warganya yang sempat dinyatakan suspek cacar monyet dinyatakan negatif.

“Kemarin ada indikasi seperti (cacar monyet) itu. Tetapi setelah hasil laboratorium keluar, negatif. Bukan cacar monyet itu. Saya minta untuk mengecek lagi ternyata hasilnya negatif. Jadi bukan cacar monyet,” kata Haryanto usai pembukaan Pati Pragolo Festival kepada wartawan.

Kendati demikian, pihaknya meminta masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena, menurut dia saat ini pandemi belum usai dan bisa memakai masker bisa meminimalisir serta melindungi dari paparan virus.