Mahasiswi UMK ini Sabet Juara 1 Lomba Puisi Se-Jawa Tengah

0
Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus Nanda Fatimatuz Zahro
Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus Nanda Fatimatuz Zahro

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus Nanda Fatimatuz Zahro berhasil mengalahkan 39 peserta yang menyabet Juara 1 Lomba Pembacaan Puisi dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2022 di Universitas Pancasakti Tegal.

Nanda sapaan akrabnya mengaku bersyukur dan senang bisa mengikuti lomba Peksimida tersebut yang merupakan impiannya sejak dulu dan salah satu mapping list harapannya. Selain itu ia memiliki hobi mengikuti kegiatan kesenian dikampusnya. Seperti, Teater Tiga Koma hingga UMK Broadcasting.

“Alhamdulillah, akhirnya tercapai, yang penting jangan lupa untuk selalu berproses, belajar, ikhtiyar dhohir batin”, ungkap Nanda, Senin (29/8/2022).

Para peserta putri membacakan dua kategori pembacaan puisi wajib dan pilihan, “Ke Pelabuhan” karya Toeti Berat menjadi puisi wajib yang harus dibacakan oleh para peserta.

“Puisi karya Toeti Berat itu memiliki makna tentang esensi kehidupan serta kegelisahan yang dikeluarkan lewat kesimpulan dan bermuara pada pertanyaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, judul puisi pilihan Nanda adalah “Di Pemakaman” karya Sapardi Djoko Damono, menurutnya puisi tersebut mengangkat tema kesedihan antara kehidupan dan kematian atau memiliki tema Religuitas kesadaran kematian kepada Tuhan.

Kegiatan Peksimida tersebut digelar oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jateng yang merupakan rangkaian kegiatan menuju Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksminas) XVI-2022, serta bisa menjadi wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, yakni seni suara, pertunjukan, sastra, atau seni rupa.

Setelah menang dalam lomba pembacaan puisi putri, nantinya Mahasiswi UMK itu akan mewakili Jateng dalam melaju di Peksiminas di Oktober 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Semoga bisa mendapatkan hasil terbaik untuk bisa membawa nama baik UMK dan Jawa Tengah”, jelas Nanda.

Wakil Rektor III UMK bidang Alumni dan Kemahasiswaan Dr. Sugeng Slamet akan menyiapkan delegasi dan mempersiapkan sebaik-baiknya untuk meraih prestasi jelang pelaksanaan Pekan Kesenian Nasional yang akan dilaksanakan bulan Oktober di Universitas Brawijaya Malang.

Penulis
Adam Naufaldo