Kunjungi Lapas Pati, Wamenkumham: Roti Bikinan Napi Mantab

0
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengunjungi Lapas Kelas IIB Pati, Kamis (4/8/2022)
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengunjungi Lapas Kelas IIB Pati, Kamis (4/8/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati, Kamis (4/8/2022). Dirinya bersama rombongan mengunjungi Lapas kurang lebih sekitar 30 menit sekitar pukul 12.30 WIB lalu meninggalkan Lapas pada pukul 13.00 WIB.

Dalam kunjungan singkatnya itu, di Lapas Pati ia menyambangi beberapa area di dalam Lapas. Di antaranya ke ruang kegiatan narapidana (napi) seperti tata boga, pembuatan paving blok, lalu berkeliling ke kamar-kamar napi dan terakhir menuju masjid lalu salat dzuhur di situ.

Saat mengunjungi area kegiatan keterampilan napi itu, dirinya mencicipi beberapa olahan tata boga napi setempat. Dirinya mencicipi bistik hingga roti pisang olahan napi. “Roti hasil binaan Lapas Pati enak mantab,” katanya yang kerap disapa Eddy itu sambil mengacungkan jempol.

Menurutnya, kegiatan dari para napi Lapas Pati ini penting dan baik dilakukan. Ia menyebut ini merupakan upaya binaan Lapas bagi narapidana, termasuk meningkatkan pendapatan lapas.

“Ini ada kue, pembuatan paving blok dan kerajinan kayu. Saya kira bisa menghasilkan pendapatan untuk pembinaan Lapas,” singkatnya.

Kasi Binadik dan Giatja Lapas Pati, Topan Ahmad Hadian menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda kunjungan kerja Wamenkumham yang didampingi kantor wilayah kemenkumham Jateng.

“Yang dikunjungi yaitu Lapas Demak, Kudus, Kanim, Bapas dan Lapas Pati. Alhamdulillah tadi berjalan dengan lancar dan puas sekali tidak ada statement mengecewakan dari beliau,” ungkapnya.

Dirinya merinci adapun lokasi yang dikunjungi di Lapas Pati di antaranya pertama itu area pelayanan, area kegiatan kerja yang sempat pak Wamen mencicipi roti olahan napi, dilanjutkan mengunjungi blok napi dan terakhir salat berjamaah di masjid Lapas. Dan sempat mengobrol dengan tim medis Lapas Pati.