Genap 5 Tahun, TBM Omah Buku Kosmasari Ajak Tingkatkan Literasi

Pertunjukan seni tari saat HUT ke-5 TBM Omah Buku Kosmasari

SAMIN-NEWS.com, PATI – Taman Baca Masyarakat (TBM) Omah Buku Kosmasari yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Cluwak, Pati, mengajak anak-anak setempat untuk meningkatkan budaya literasi.

Ketua TBM Omah Buku Kosmasari, Muhammad Syihabuddin menyatakan budaya literasi ini nantinya akan menumbuhkan bakat serta potensi yang dimiliki masing-masing anak.

Oleh karenanya, pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 dan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, TBM Omah Buku Kosmasari menggelar bakti sosial yang dikemas dengan beragam kegiatan.

“Acara ini dimeriahkan beberapa penampilan dan beberapa kegiatan. Dari mulai lomba Agustusan dengan anak TBM omah buku, check up kesehatan secara gratis, potong rambut, senam dan malam puncaknya ada pentas seni,” ujar Syihab.

Menurutnya, momen ini sebagai alat untuk membangkitkan kembali semangat generasi muda untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Di samping itu, sebagai sarana dan wadah anak-anak mengembangkan budaya literasi.

Dia melanjutkan, TBM Omah Buku Kosmasari sebagai wadah untuk beragam kegiatan baik yang sifatnya pendidikan, sosial, ekonomi dan lainnya. Tetapi, muaranya nanti adalah mendekatkan budaya literasi kepada anak-anak.

“Dimana, pertunjukan pentas seni menjadi kegiatan puncak yang menjadi ajang mengasah kreatifitas anak-anak. Ada pembacaan puisi, dongeng, monolog puisi, ini melatih mental anak agar berani dan percaya diri bahwa sebenarnya anak itu bisa,” tegasnya.

Acara bakti sosial cek up kesehatan secara gratis di TBM Omah Buku Kosmasari
Acara bakti sosial cek up kesehatan secara gratis di TBM Omah Buku Kosmasari

Di usianya yang ke-5 tahun ini, Syihab menuturkan dia bersama dengan teman-temannya akan selalu berupaya mendampingi anak-anak setempat agar lebih peduli terhadap budaya yang ada serta mampu menggali potensi yang dimiliki.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian pada Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Sugiharto Previous post Petani Singkong Menjerit Pupuk Subsidi Dicabut
Next post E-Koran Samin News Edisi 24 Agustus 2022
Social profiles