MPLS, Kelas 7 SMP Negeri 3 Pati Dikenalkan Kurikulum Merdeka

0
Kepala SMP Negeri 3 Pati (dua dari kiri) Ruqayah saat membuka MPLS, Senin (11/7/2022)
Kepala SMP Negeri 3 Pati (dua dari kiri) Ruqayah saat membuka MPLS, Senin (11/7/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 294 peserta didik baru SMP Negeri 3 Pati mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari mulai tanggal 11 Senin hari ini s/d 13 Juni 2022.

Kepala SMP Negeri 3 Pati, Ruqayah mengatakan MPLS ini merupakan masa pengenalan peserta didik baru yang sebelumnya telah mengikuti tes seleksi. Di dalam MPLS, peserta didik baru atau yang saat ini kelas 7 dikenalkan dengan tata tertib sekolah.

“MPLS kita buka dengan upacara lalu diisi dengan materi terkait tata tertib aturan yang berlaku di sekolah. Termasuk agar saling kenal sesama murid maupun kepada guru,” ujar Ruqayah.

Menurutnya, pengenalan kepada bapak/ibu guru ini penting dilakukan. Karena berbeda saat masih duduk di jenjang SD dan SMP. Dirinya menyebut saat masih SD diampu oleh guru kelas, tetapi jenjang SMP satu pelajaran diampu oleh masing-masing satu guru.

Ruqayah menyatakan peserta didik baru ini harus beradaptasi dengan karakter guru yang bermacam-macam. Dengan MPLS bisa menjadi adaptasi awal akan hal itu. Selama masa MPLS tiga hari itu, kelas 7 kata dia termasuk dikenalkan dengan sarana dan prasarana sekolah.

“Contohnya di sini ada perpustakaan, nah murid harus berani bertanya mengenai peminjaman buku gimana apa yang harus dilakukan dan seterusnya. Kemudian fasilitas laboratorium, baik Matematika, IPA, IPS, laboratorium Seni kan punya sendiri,” terangnya.

Tahun pelajaran 2022/2023 ini ada perubahan kurikulum, yang sebelumnya menggunakan K13 beralih menjadi Kurikulum Merdeka. Murid pun dikenalkan apa dan bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka ini.

“Kemudian kami sampaikan saat ini kan masuk kurikulum baru kurikulum merdeka kami Kenalkan kepada kelas 7 bagi murid baru,” pungkas Ruqayah.