Gerindra Pertanyakan Dana Cadangan Pilkada Pati

Berlangsung rapat paripurna pandangan umum fraksi terhadap Raperda Dana Cadangan Pilkada

SAMIN-NEWS.com, PATI – Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Pati meminta Pemerintah Daerah untuk menjelaskan detail terkait dengan dana cadangan Pilkada pada tahun 2024 mendatang.

hal ini merupakan pandangan umum fraksi Partai Gerindra terhadap Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati Tahun 2024.

Fraksi Partai Gerindra, menyikapi penjelasan bupati mengenai Raperda tentang pembentukan dana cadangan pemilihan bupati dan wakil bupati Pati pada Selasa (5/72022), ada beberapa hal yang perlu disampaikan serta diharapkan ada penjelasan yang lebih terperinci.

Di antaranya yaitu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah membutuhkan biaya yang cukup tinggi sehingga diperlukan perhitungan yang proporsional sesuai dengan kebutuhan riil.

“Terdapat selisih yang cukup besar antara usulan yang diajukan oleh KPU dan Bawaslu dengan jumlah yang diusulkan dalam Raperda. Mohon penjelasan apakah estimasi biaya tersebut sudah mamadai sesuai dengan kebutuhan riil,” ujar fraksi Gerindra dalam materinya yang ditulis, Kamis (21/7/2022).

Kemudian, fraksi Gerindra menyatakan jika pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur bersamaaan dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, apakah akan mempengaruhi besaran anggaran yang harus disediakan oleh APBD Kabupaten Pati.

“Mohon penjelasan bagaimana sistem pembagiananggaran antara APBD Provinsi dan APBD Kabupaten,” sebutnya.

Selain itu, fraksi Gerindra mempertanyakan sejauh mana kemampuan APBD TA 2022 & APBD TA 2023 dalam menyisihkan Dana Cadangan tersebut dengan akumulasi sebesar 45 miliar.

“Mohon penjelasan bagaimana pemenuhan target anggaran tersebut agar tercapai dengan maksimal,” tanya fraksi Gerindra.

Kendati demikian, secara garis besar fraksi Partai Gerindra dapat menerima Raperda tersebut untuk dibahas pada tahapan selanjutnya. Kemudian untuk pencermatan secara detail, akan disikapi oleh anggota fraksi yang berada di alat kelengkapan DPRD Kabupaten Pati.(adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Pelaku UMKM saat diajari cara kelola uang, (Foto : Adam Naufaldo) Previous post Pelaku UMKM Diajari HIPMI Kudus Cara Kelola Keuangan
Empat OPD dari kabupaten Pati mengikuti FGD di KKP Bea Cukai Kudus, Rabu (20/7/2022) Next post Empat OPD Terkait Bidang Penegakan Hukum Ikuti FGD Bea Cukai Kudus
Social profiles