Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Disdagpein Gelar Pameran Pragolo Festival

Kepala Bidang Promeks, Bisma Susila Utama

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19 serta mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Pati menggelar pameran UMKM yang bertajuk Pragolo Pati Festival.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Promeks, Bisma Susila Utama di kantornya pada Senin (25/7/2022). Ia menyebutkan bahwa pameran tersebut selain akan diisi stand produk-produk UMKM, juga akan diikuti oleh stand instansi vertikal, mulai pendidikan, perusahaan, komunitas hingga paguyuban bonsai dan keris.

“Diikuti jajaran OPD, kemudian kecamatan lalu IKM Kabupaten Pati yang acaranya akan dilaksanakan selama tiga mulai tanggal 5 s/d 7 Agustus 2022 dengan tema Bangkit dari Pandemi,” kata Bisma.

Pihaknya menambahkan untuk sampai saat ini sudah terdapat puluhan UMKM yang mendaftarkan diri menjadi peserta.”Pamerannya nanti ada stand OPD terkait dengan fasilitas pelayanannya apa, misal dari komunitas bonsai, komunitas keris dan produk UMKM/IKM Kabupaten Pati dengan jumlah sementara 83 peserta,” imbuh Bisma.

Dalam kesempatan itu, masih kata dia akan dilakukan peresmian rumah kreatif. Rumah kreatif ini merupakan suatu tempat yang berfungsi untuk media promosi, sarana demo UMKM dan diperuntukkan juga kegiatan pertunjukan lainnya.

“Acara pameran ini sekaligus peresmian Rumah Kreatif yang letaknya di ujung Pragolo fungsinya untuk demo-demo UMKM, media promosi kemudian juga untuk kesenian masyarakat,” jelasnya.

Bisma berharap dengan agenda pameran Pragolo Pati Festival dapat menggeliatkan perekonomian pelaku usaha pada khususnya dan masyarakat secara umum. Di lain pihak, penggunaan serta pembelian produk dalam negeri juga meningkat.

“Harapannya mampu membangkitkan perekonomian yang mana telah terpuruk karena Covid-19. Kedua, orang-orang tahu produk dalam negeri seperti program Presiden Jokowi yang diharapkan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri,” pungkas Bisma.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Bupati Kudus Hartopo sosialisasikan DBHCHT kepada masyarakat Desa Dawe Kabupaten Kudus, (Foto : Adam Naufaldo) Previous post Pemkab Kudus Gencar Sosialisasikan DBHCHT
Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Anik Sukristiyani Next post 9 OPD di Pati Terima DBHCHT Senilai Rp11,3 M, Berikut Daftarnya
Social profiles