Catatan Banggar di Bidang Pembinaan bagi Eksekutif

0
Ilustrasi Plaza Pragolo sebagai wadah IKM Kabupaten Pati
Ilustrasi Plaza Pragolo sebagai wadah IKM Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Meski Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun 2021 telah disetujui semua fraksi DPRD Pati. Tetapi lain soal dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pati yang memiliki sejumlah catatan utamanya berkait dengan pendampingan dan pembinaan yang belum maksimal oleh jajaran eksekutif.

Misalnya kegiatan pembinaan dan pemberdayaan BUMDes dan kerja sama antar desa belum berjalan dengan baik. Dan realisasi pembinaan ini tidak seperti yang diharapkan.

“(Kemudian) pemberian bantuan yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan jangan diberikan kepada satu wilayah saja atau diberikan kepada yang itu-itu saja harus merata,” bunyi pendapat Banggar yang disampaikan anggota DPRD dari Fraksi Nasdem, Ali Mundir.

Selanjutnya, Banggar meminta Dinas Koperasi dan UMKM agar secepatnya menyusun Raperda tentang perkoperasian serta pembinaan dan pendampingan koperasi yang masih aktif dan sehat harus tetap dilakukan secara terus menerus.

Untuk diketahui ada 15 poin rekomendasi Banggar kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Selain sektor pendampingan dan pembinaan tersebut, juga ada catatan di bidang keuangan serta mendorong menciptakan komunikasi yang baik antar OPD maupun dengan DPRD.(adv)