Banggar Minta Eksekutif Tingkatkan Komunikasi antar Instansi

0
Anggota DPRD Pati dari Fraksi Nasdem, Ali Mundir
Anggota DPRD Pati dari Fraksi Nasdem, Ali Mundir

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Pati mendorong jajaran eksekutif untuk lebih meningkatkan komunikasi baik dengan antar OPD maupun kepada legislatif. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan satu pemahaman serta menyelaraskan rencana kegiatan yang disusun.

Ini disampaikan Banggar dalam laporan tertulisnya terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun 2021 saat sidang paripurna beberapa waktu lalu.

“BPKAD ketika ada perubahan atau pergeseran di luar pembahasan supaya memberikan surat pemberitahuan tertulis kepada komisi mitra kerjanya,” kata anggota DPRD Pati dari fraksi Nasdem, Ali Mundir.

Hal ini diharapkan adanya komunikasi antar OPD mitra kerja dan komisi yang membidangi berjalan harmonis serta saling mendukung dengan program atau kegiatan yang sudah direncanakan.

Kemudian, Banggar meminta Dinas Pertanian agar aktif mengawal Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam melaksanakan kegiatan sehingga ada hubungan timbal balik dan searah antar OPD.

Selain itu, kata dia komunikasi yang dibangun itu untuk menghindari adanya tumpang tindih tugas dan fungsi dari masing-masing instansi baik antar OPD maupun OPD terhadap DPRD.

“Harus ada kesesuaian tugas dan fungsi dari masing-masing Kepala OPD agar tidak terjadi tumpang tindih antara Kepala OPD dengan DPRD khususnya dalam hal pengawasan dalam daerah,” pungkasnya.

Secara umum rekomendasi Banggar terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun 2021 ini terdiri dari mulai membangun komunikasi, keuangan, pembinaan dan pendampingan.(adv)