Diskominfo Paparkan Peran Internet di Tengah Tantangan Era 4.0

0
33
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Endah Murwaningrum (tengah) saat menjadi narasumber dalam acara Internet vs Wasbang di Kodim 0718/Pati (, Senin (6/6/2022)
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Endah Murwaningrum (tengah) saat menjadi narasumber dalam acara Internet vs Wasbang di Kodim 0718/Pati (, Senin (6/6/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati menjadi pembicara dalam kegiatan Internet VS Wawasan Kebangsaan Serta Tantangan Bangsa di Era 4.0. Acara tersebut diselenggarakan oleh Kodim 0718/Pati, Senin (6/6/2022).

Kegiatan itu merupakan Komunikasi Sosial antara jajaran Kodim 0718/Pati bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pati. Hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, Camat se-Kabupaten Pati, seluruh Kapolsek Jajaran Polres Pati, seluruh Danramil Jajaran Kodim 0718 Pati.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Endah Murwaningrum selaku narasumber dalam kegiatan ini mengungkapkan di balik era revolusi industri 4.0 yang berbasis IoT (Internet of Things), media sosial atau ranah digital secara keseluruhan juga menyimpan potensi negatif.

“Banyak bentuk disinformasi dan tindakan kejahatan terjadi yang membahayakan NKRI, seperti kecanduan internet, hilangnya identitas bangsa, radikalisme, hate speech (ujaran kebencian) dan hoaks yang bertebaran dimana-mana,” kata Endah.

Kendati begitu, internet serta revolusi 4.0 juga tentunya mempunyai sisi lain yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Internet akan sangat membantu manusia dalam hal komunikasi.

Endah juga menyampaikan bahwa sangat penting untuk kita menggunakan internet sebagai sarana pemersatu bangsa, mengakses situs yang bernilai positif seperti untuk mencari ilmu, bersosialisasi dan komunikasi, menanamkan pada diri sendiri norma bangsa yang mencerminkan nilai Pancasila dan paham literasi digital.

Komandan Kodim 0718, Letkol Inf. Catur Kurniawan, S.Ip, MM menegaskan media sosial di era digital sekarang ini sangat bermanfaat untuk menjaga ketahanan bangsa.

“Jangan sampai berita-berita palsu menghasut dan meruntuhkan ideologi kita, Pancasila. Hanya dengan menghancurkan ideologi Pancasila saja, Indonesia akan hancur. Untuk itu Pemkab, TNI Polri harus bersinergi kompak untuk menjaga kedaulatan NKRI,” jelasnya.