Cara Membuat Kunir Asem dari Pemilik IKM Nirsem

0
Produk Kunir Asem dari IKM Nirsem
Produk Kunir Asem dari IKM Nirsem

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kunir Asem merupakan salah satu minuman herbal untuk kesehatan yang dibuat dari beragam rempah serta empon-empon dan bisa dikonsumsi kapan saja.

Untuk membuat jamu yang penuh khasiat, pemilik Industri Kecil Menengah (IKM) Nirsem Bunda, Puji mengatakan, jamu atau minuman herbal harus dibuat dari bahan bersih yang berkualitas baik.

Puji menjelaskan kunir segar dicuci terlebih dahulu sampai bersih, setelah bersih dipotong dengan ukuran kecil kemudian potongan kunir tersebut diblender.

“Lalu kunir disaring setelah siap, baru direbus menggunakan asam jawa. Lamanya waktu perebusan sampai benar-benar enggak ada rasa asam,” ucap Puji pada Rabu (22/6/2022).

Dalam proses merebus kunir dan asem tadi, ketika air sudah mendidih dicampur dengan gula jawa. Ini dimaksudkan agar berbagai bahan empon-empon itu bisa tercampur sempurna dengan asem.

Puji melanjutkan, setelah mendidih selanjutnya api dikecilkan direbus sampai waktu cukup lama setelah dirasa kental, kemudian sudah bisa diangkat.

“Langkah berikutnya yaitu bahan dari rebusan tadi lalu didinginkan. Setelah dingin disaring lagi pakai saringan. Dan proses selesai kemudian tinggal dikemas,” jelasnya.

IKM Nirsem Bunda, yang terletak di Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo itu menawarkan berbagai produk olahan yang berbahan dasar kunir, Sirup Kunir Asem, Kunir Asem, Beras Kencur, Sere lemon dan Gulas. Dirinya mengaku, usahanya itu meneruskan usaha dari nenek moyangnya.(adv)