Halal bi Halal, Gasong Bersholawat bersama Habib Syafii Alaydrus Solo

0
52

SAMIN-NEWS.com, PATI – Warga Gasong, Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen bersholawat bersama Habib Muh. Syafii Alaydrus dari Solo dalam rangka Halal bi Halal di halaman Masjid Al-Falah, Selasa (24/5/2022) malam tadi.

Acara yang dimulai usai sholat Isya’ itu tampak dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama dan Wakil Ketua II DPRD Pati, H Hardi.

Ketua Panitia kegiatan, Abdul Salam dalam sambutannya menyatakan bahwa halal bi halal ini digagas oleh warga Dukuh Gasong terutama Pemuda Gasong Comunity sebagai puncak dari segala kegiatan di bulan Ramadhan.

“Kami ucapkan terima kepada pemuda Gasong atas kerja kerasnya, sehingga bisa terlaksana kegiatan sholawat pada malam hari ini. ke depan aktifitas dan momentum seperti ini harus dipertahankan,” ucap Salam.

Sementara itu, menurut Habib Muh. Syafi’i Alaydrus bahwa halal bi halal merupakan refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, kebersamaan, persatuan dan saling berbagi kasih sayang terutama sesudah hari raya idul fitri.

Lebih lanjut, habib dari Solo tersebut menyampaikan dalam kenyataannya, perjalanan hidup manusia selalu tidak bisa luput dari salah dan dosa. Dan ini dijadikan sebagai momen bermaaf-maafan.

“Karena itu, halal bihalal merupakan peristiwa penting untuk saling memaafkan baik secara individu maupun kelompok. Dalam kacamata Islam, halal bihalal bertujuan menghormati sesama manusia dalam bingkai silaturrahim,” ungkapnya.

Usai sambutan dari beberapa pihak, kemudian acara dilanjutkan dengan sholawat yang dipimpin Habib Syafi’i Alaydrus diingi grup Rebana Haddroh Hubbun Nabi dari Pati.