Beda dari Biasanya, Warung Bu Lemu Sajikan Pecel Semanggi

0
361
Indah Ambarwati (Bu Lemu) saat melayani penjualan
Indah Ambarwati (Bu Lemu) saat melayani penjualan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sajian pecel memang hadir dengan banyak versi, mulai dari pecel Madiun, pecel ala Yogya, pecel Ponorogo, sampai pecel Surabaya. Akan tetapi dari sekian banyak ragam pecel itu, di Pati ada kuliner pecel yang cukup khas yaitu berbahan Sayur Semanggi.

Pecel Semanggi bisa di dapat di Kp Bendan, tepatnya di rt 5 rw 4 Pati Kidul, belakang Hotel Rama Warung Bu Lemu.
Jika hidangan pecel pada umumnya menggunakan aneka sayuran mulai dari bayam, kangkung hingga tauge baru kemudian diguyur saus kacang tanah. Tidak halnya dengan pecel semanggi. Pecel semanggi hadir dengan gaya khas tersendiri, yakni dengan isian yang hanya berupa daun semanggi atau bisa ditambahkan taoge.

Penjual Pecel Semanggi Warung Bu Lemu, Indah Ambarwati mengatakan Pecel Semanggi dihidangkan dengan sajian bahan utama sayur Semanggi lalu diberi saus khusus buatan sendiri.

“Pecel Semanggi itu bahan utamanya sayur Semanggi, di tambah dengan bumbu rujak dan bumbu pecel kacang. beda dengan pecel biasa bahannya seperti kecambah, kacang dan kangkung,” katanya, Selasa (10/5/2022).

Dia melanjutkan Sayur Semanggi itu dibeli dari petani langsung. Karena menyebut bahan tersebut langka, di pasar pun kadang gak ada, seperti Semanggi dan sayur Pakis. Bu Lemu, begitu sapaan akrabnya menjelaskan Pecel Semanggi dijual Rp6 ribu per porsi.

“Pecel Semanggi ini tiap hari dapat terjual sekitar 100 porsi. Dengan modal kisaran Rp100 ribu bisa memperoleh omset sekitar Rp800 ribu. Ini karena pembeli pecel Semanggi cukup banyak lantaran langkanya pecel Semanggi,” terangnya.

Selain Pecel Semanggi, di warung Bu Lemu juga tersedia menu-menu lainnya seperti pecel Pakis dengan harga Rp8 ribu per porsi dan pecel biasa Rp5 ribu per porsi. Serta aneka minuman, mulai es ketan ireng, kolak, kacang hijau, es buah, dan seterusnya.