Warga Tetap Bersabar; Enam Paket Peningkatan Ruas Jalan Sudah Ada Rekanan Pemenang

0
59
Perbaikan ruas jalan Kayen-Tambakromo, di Desa Tambaharjo, Kecamatan Tambakromo. Ruas jalan tersebut juga masuk daftar paket pekerjaan peningkatan yang sudah ada rekanan pemenang.(Foto:SN/dok-an)
Perbaikan ruas jalan Kayen-Tambakromo, di Desa Tambaharjo, Kecamatan Tambakromo. Ruas jalan tersebut juga masuk daftar paket pekerjaan peningkatan yang sudah ada rekanan pemenang.(Foto:SN/dok-an)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pihak Bidang Binamarga DPUPR Kabupaten Pati, untuk kali kesekian warga para pengguna jalan tetap bersama, karena sejumlah ruas jalan yang rusak kini sudah ditenderkan. Tahapannya, sudah ditetapkan rekanan yang memenangkan lelang paket pekerjaan tersebut, sehingga tinggal menunggu penandatanganan kontrak antara rekanan penyedia jasa dengan pihak pengguna jasa itu.

Kepala Seksi (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUPR Kabupaten Pati, Hasto Utomo, ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan, sehingga paling lambat di pertengahan atau minggu ketiga bulan ini paket pekerjaan peningkat ruas jalan itu sudah dimulai. Dengan demikian, sampai saat berlangsungnya Lebaran mendatang, ruas jalan yang dalam kondisi rusak tersebut, sudah barang tentu belum selesai pelaksanaan pekerjaannya.

Karena itu, bagi warga saat hendak ber-Lebaran atau para pemudik saat melintas di ruas jalan itu hendaknya tetap berhati-hari, karena tidak tertutup kemungkinan di lokaasi atau di pinggir jalan lokasi proyek itu akan ada tumpukan material. ”Adapun ruas jalan dimaksud, di antaranya adalah Kayen-Tambakromo, Tayu-Dukuhseti, Tlogowungu-Lahar, Gempolsari-Winong, dan Jaken-Jakenan,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya masih ada satu paket pekerjaan lainnya, yaitu peningkatan ruas jalan Kayen-Beketel dengan pagu anggaran Rp 500 juta, tapi harus dilelang ulang sehingga waktunya disertakan bersama lelang paket pekerjaan peningkatan ruas jalan lainnya. Berkait hal itu, saat ini masih ada 9 paket pekerjaan penimgkatan ruas jalan di Kabupaten Pati yang sumber pembiayaannya juga dari APBD Tahun 2022 Kabupaten Pati.

Paket perkerjaan dimaksud, kini tengah diikirim untuk ditayangkan pihak Unit Lelang Pengadaan (ULP), sehingga rekanan yang berminat untuk menawar nanti bisa mencermatinya. Ruas jalan dimaksud meliputi Bumanis-Ngemplak Kidul, Gabus-Winong, Kayen depan Kantor Pos, Karangrejo-Bumirejo, Porangparing-Kuwawur, Raci-Pantura, Klayusiwalan-Reci, dan Karangrejo -Kuniran.

Khusus yang disebut-terakhir, paket pekerjaan peningkatan ruas jalan tersebut dengan konstruksi rigid beton, dan masih ada satu paket pekerjaan ruas jalan lainnya yang juga akan ditayangkan oleh pihak ULP. Yakni, akses jalan tembus Kaliampo, Desa Wangunrejo – Sokobubuk, Kecamatan Margorejo yang lokasinya melintas di tengah perbukitan Patiayam.

Akan tetapi, untuk paket pelaksanaan pekerjaannya bukan peningkatan ruas jalan melainkan pembuatan struktur jalan sepanjang lebih dari tujuh kilometer dengan konstruksi pemadatan material beskos. ”Dengan selesainya akses ruas jalan tembus ini, bisa mempercepat dan mempermudah warga Sokobubuk maupun warga di wikayah Kecamatan Gembosng jika hendak menuju jalan raya Pati-Kudus,”imbuh Hasto Utomo.