Pengunjung Plaza Pragolo Paling Banyak Minati Produk Batik

0
46
Pengunjung Plaza Pragolo Paling Banyak Minati Produk Batik
Pengunjung Plaza Pragolo Paling Banyak Minati Produk Batik

SAMIN-NEWS.com, PATI – Para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Pati diwadahi pemerintah daerah di Plaza Pragolo. Plaza Pragolo disediakan sebagai sentra produk lokal dari para pelaku IKM di Kabupaten Pati.

Pegawai Plaza Pragolo Pati, Eka Candra Natalia mengatakan IKM di dalamnya dikategorikan tiga jenis, di antaranya yaitu Craf, IKM Makanan Ringan (Makring) dan IKM Batik/Sandang.

“Di sini disediakan bagi IKM se-Kabupaten Pati. Karena tempat ini dijadikan seperti wadah dan wajah produk-produk lokal orang Pati,” ujar Eka, Rabu (13/4/2022) kemarin.

Menurut pengakuannya, pengunjung Plaza Pragolo dari ketiga IKM tersebut yang paling diminati oleh pembeli adalah produk batik. Dia mengatakan, produk batik Pati juga tak kalah dengan produk batik daerah lain. Di samping itu, jarak Plaza Pragolo bagi masyarakat setempat dinilai cukup dekat menjadi alasan tersendiri.

“Sejauh ini produk IKM di Plaza Pragolo itu yang paling santer diminati masyarakat itu Batik Tulis Bakaran sama satu lagi jenisnya Batik Pesantenan. Mungkin alasannya, enggak perlu cari jauh-jauh ke daerah lain,” ungkapnya.

Selain produk batik, Eka menyebutkan pengunjung yang datang ke Plaza Pragolo Store banyak juga yang mencari Kelapa Kopyor. Ini IKM dari daerah Dukuhseti.

“Pengunjung yang ke sini kebanyakan dari warga Pati sendiri. Kalau warga dari daerah lain itu biasanya momen lebaran atau pas momen liburan, seperti tahun baru, natal dan lainnya,” tutupnya.(adv)