Pembagian Takjil Berkah PBMT di Hari-hari Terakhir Ramadhan

0
51
Keluarga besar Pati Bumi Mina Tani (PBMT) yang bergabung dalam WA grup, saat melakukan persiapan pembagian takjil di Alun-alun Simpanglima Pati.(Foto:SN/dok-pbmt)
Keluarga besar Pati Bumi Mina Tani (PBMT) yang bergabung dalam WA grup, saat melakukan persiapan pembagian takjil di Alun-alun Simpanglima Pati.(Foto:SN/dok-pbmt)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam upaya meningkat kepeduliannya terhadap sesama, dan disetai keinginan meraih ketakwaan maksimal, maka Keluarga Besar WAG Pati Bumi Mina Tani (PBMT) ini tetap terus berbagi. Utamanya, turun ke jalan dengan memilih lokasi tepatnya, di sisi barat-utara Alun-alun Simpanglima Pati.

Di lokasi tersebut, mereka membagikan takjil atau makanan pembuka puasa kepada para pengguna jalan yang kebetulan melintas di sore hari, sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Akan tetapi bisa juga di antara mereka adalah para pengguna jalan yang tengah menempuh perjalanan pulang, di mana jarak rumah tinggalnya jauh dari kota.

Dengan mendapat pembagian takjil dari keluarga PBMT, papar koordinator pelaksana lapangan kegiatan tersebut, Gus Wawan, paling tidak mereka bisa membatalkan puasanya di jalan saat tiba waktunya untuk berbuka. ”Hal itulah yang menjadi semangat dalam upaya menyemarakkan pembagian takjil yang kami lakukan selama puasa Ramadhan,”ujarnya.

Mengingat saat ini, puasa Ramadhan akan segera berakhir dua hari lagi, lanjutnya, maka pembagian takjil terakhir dilakukan Jumat (29/April) 2022 petang kemarin. Karena itu, harapannya apa yang dilakukan keluarga besar PBMT meski hanyalah sesuatu hal kecil, paling tidak mempunyai nilai bagi sesama yang tengah menjalankan puasa di bulan Suci Ramadhan, karena ada yang bisa membatalkan puasanya di jalan saat tiba waktunya berbuka.

Di sisi lain, harapan berikutnya tak lain selalu kompaknya keluarga besar PBMT dan tetap terpupuknya semangat untuk terus berbagi di luar berlangsungnya ibadah puasa Ramadhan. Karena itu bentuk dan wujud kerukunan sesama, sehingga akan menambah semangat integritas anggota grup, dan juga semakin bertambah akrab dalam ukhuwah serta muamalah bermasyarakat.

Apalagi, nanti saat di bulan Syawal, tindak lanjut dalam kebersamaan selama puasa Ranadhan akan ditindaklanjuti dengan agenda halalbihal grup. ”Sedangkan yang juga menjadi agenda berikutnya, yaitu bagaimana menjadikan grup ini mempunyai asas legalitas sebagai lembaga amal dan juga lembaga sosial,”tandasnya.