Keren, KWT Berkah Lumintu di Margorejo Sukses Berdayakan Ibu-ibu

0
53
Produk olahan KWT Berkah Lumintu
Produk olahan KWT Berkah Lumintu

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Lumintu di Desa Banyuurip, Kecamatan Margorejo, Pati sukses mengembangkan usaha Makanan Ringan (Makring) dengan memberdayakan perempuan di lingkungannya dan ini patut dijadikan sebagai percontohan.

Ketua KWT Berkah Lumintu, Sri Ratnawati mengatakan usaha yang dijalankannya itu dalam bentuk kelompok. Anggotanya terdiri dari petani wanita di lingkungannya yang mempunyai usaha di bidang makanan.

“Usahanya dalam bentuk kelompok (KWT), yaitu sekumpulan ibu-ibu yang punya usaha makanan ringan, tetapi ada juga yang tidak punya usaha. KWT di bawah binaan Dinas Pertanian. Dan nama kelompok ini yang kami jadikan brand,” kata Sri kepada Samin News, Jumat (15/4/2022).

Dirinya menuturkan KWT Berkah Lumintu sudah berdiri sejak tahun 2011, kini beranggotakan sebanyak 22 orang. KWT Berkah Lumintu fokus pada pemberdayaan ekonomi kaum hawa sehingga mampu mandiri.

Sri menjelaskan produk yang dihasilkan KWT Berkah Lumintu setidaknya terdapat tiga jenis. Masing-masing Criping Ketela rasa Gadung, aneka Krupuk Sayur dan produk repacking dari kelompok usaha lain. Menurutnya khusus repacking ini semacam kemitraan, yaitu produk Madu dan Emping Jagung.

Tetapi, kata dia aneka produk krupuk sayur ini selama pandemi hanya melayani pesanan. Berbeda dengan sebelum pandemi yang bisa saja produksi tiap hari.

Sri mengungkapkan berdirinya KWT Berkah Lumintu dimaksudkan disamping untuk membantu pemasaran usaha oleh anggotanya juga ditujukan agar mendorong ibu-ibu lebih produktif.

“Alhamdulillah, sebelum pandemi, panjualan sangat lancar. Kemudian di saat pandemi seperti ini sempat terhenti tetapi ini mulai bangkit lagi,” Sri menjelaskan.

Dia berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Sehingga usaha KWT Berkah Lumintu dapat produktif lagi seperti dahulu sebelum pandemi. Sejalan dengan itu, pesanan pasar bisa meningkat.(adv)